5 Langkah Atasi Android Yang Lemot Tanpa Gunakan Aplikasi


android leletCara Atasi Android Lemot Tanpa Aplikasi – Barugadget.com – Salah satu masalah yang sering dialami para pengguna android (termasuk saya) adalah android yang lemot. Hal ini memang menjengkelkan. Tapi mau bagaiman lagi, kita sudah terlanjur membelinya dengan harga yang mahal, namun karena pemakaian yang terlalu over, atau kapasitas memory yang dibawah standar membuat kinerja android menjadi lemot.

Tenaga Android sama saja dengan Sistem Operasi lainnya, baik windows atau linux. Kalau sudah digunakan dalam waktu yang lama semuanya akan berangsur menurun dan menjadi lemah aytau disebut dengan lemot. Sistem Mobile juga seperti itu, kalau sebuah ponsel sudah digunakan dalam waktu yang lama pasti kinerjanya akan melemah dan menurun. Ini juga berlaku pada OS android yang merupakan OS primadona dewasa ini. Android tetap mengalami hal sama yaitu kinerja menurun sedikit demi seidkit se iring waktu pemakaiannya. Namun demkian terkadang kelemahan dari android ini terkadang karena faktor lain yang bikan faktor usia, seperti menginstall aplikasi yang banyak atau karena baterainya tidak kuat atau penuhnya memori.

Berikut ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi android lemot tanpa menggunakan aplikasi apapun seperti yang sering ditawarkan pada iklan mobile.

Cara Mengatasi Android Lemot

  • 1. Mematikan animasi

Android umumnya menggunakan animasi perpindahan menu. Dan apabila perpndahan menu pada android sudah melemah ini pertanda android anda sudah bekerja dengan lambat atau lemot. Cara mengatasi adalah dengan mematikan animasi perpindahan menu. Cara yaitu pergi ke setting – Developer options, lalu seting “off” pada pilihan animasi, yaitu window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale.

  • 2. Menggantikan wallpaper animasi

Wallpaper animasi pada layar android juga bisa menyebabkan android menjadi lemot, selain itu bahkan bisa memboroskan baterai HP anda. Cara yaitu dengan menggantikan wallpaper animasi dengan wallpaper statik atau non animasi. Caranya yaitu dengan pergi ke-menu setting- display, dan gantikan dengan wallpaper biasa yang tidak bergerak atau bukan animasi.

  • 3. Hapus aplikasi yang tidak perlu

OA Android sangat mudah dan senang digunakan. Salah satu faktornya adalah karena tersedianya aplikasi dan game yang sangat banyak di google play store. Banyak orang yang menginstall aplikasi apa saja yang didapat. Padahal ini akan membebani memori dan efeknya kinerja android menurun. Jadi harus selektif terhadap aplikasi apa yang akan digunakan. Install saja aplikasi yang penting-penting saja. Bila perlu gunakan aplikasi File Expert untuk memback up file anda. Kalau anda perlu suatu saat anda bisa menginstallnya kembali tanpa perlu download ulang di PLay Store.

  • 4. Kurangi penggunaan widget ponsel

Selain aplikasi, Android juga tersedia banyak widget yang bisa digunakan, atau bahkan aplikasi itu sendiri yang dijadikan widgwt. Widget adalah shortcut yang ditampilkan pada homes screen dan short cut akan selalu menyala dan hidup sepanjang waktu atau realtime. Efeknya android anda akan terbebani RAM-nya yang selaluu bekerja, selain itu widget juga bisa mempercepat umur baterai anda dan banyak menghabiskan bandwidth internet HP Android anda.

  • 5. Gunakan MicroSD berkecepatan tinggi

Android memang sudah memfasilitasi penggunanya dengan memori internal yang lumayan seperti berkapasitas 4 GB atau 8 Gb. Namun terkadang kapasitas ini serig tidak cukup, sehingga banyak user yang menmbahkan dengan memori ekternal. Menggunakan memori eksternal berarti memaksa Android anda untukmenulis data dan file diluar ponsel itu sendir. Jadi, pertimbangkan ketika anda menambah MicroSD, tambahkan microSD yang memiliki kinerja cepat atau berkecepatan tinggi. Mungkin memori dengan kelas 6 atau 8 cocok untuk anda gunakan pada android.

Share