6 Tanda – tanda Komputer/Laptop Terkena Virus


Virus KomputerVirus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. Penyebaran virus biasanya melalui media luar seperti flasdisk, tapi di jaman ini virus pada umumnya memanfaatkan teknologi internet untuk menyebar luas. Cara masuknya bisa melalui E-mail (attachment), mirc, messenger (kirim/download file), download dari situs  atau bahkan memanfaatkan kelemahan dari sistem browser kita. Banyak cara pembuat virus untuk menjebak orang supaya tertarik untuk men-download dan membuka file yang ber-virus, antara lain dengan gambar lucu, tools yang berguna buat anda, cara dapat uang, games bagus, hingga yang baru-baru ada pesan dr FBI/CIA untuk anda.Virus selalu saja membuat pusing pengguna komputer, baik itu PC maupun mobile. Apa saja tanda-tanda virus tersebut menyerang? Simak saja ulasannya.

Tanda-tanda komputer Anda sudah terinfeksi virus

1. Pop-up ads (iklan pop-up)

Jenis iklan yang tidak diinginkan ini muncul tiba-tiba di layar komputer. Biasa iklan ini muncul apabila kita membuka sebuah situs.
Berbagai browser saat ini memang sudah dibekaliblocker pop-up. Namun apabila Anda membuka situs dan tetap banyak bermunculan iklan pop-up, maka berarti browser Anda kurang begitu cakap dalam memblokir hal-hal tersebut.

Bentuk yang paling umum dari iklan pop-up ini bertuliskan imbauan ‘Alert! your computer might be infected with a virus’. Namun janganlah gegabah mengikuti perintah mengunduh software keamanan, karena itu berarti ada lebih banyak malware yang bakal Anda unduh. Digital Trends rekomendasikan software Spybot Search & Destroy (gratis) atau Malwarebytes Virus Removal (berbayar).

2. Akun yang terbajak (diretas)

Akun yang sudah diretas biasanya suka mengirimkan sejumlah pesan secara rahasia di luar sepengetahuan penggunanya.Disarankan agar Anda terus mengecek folder ‘sent’ di email, dan segera mengganti password, jika melihat pengiriman sejumlah email tak diinginkan.

3. Peringatan penguncian (lockdown)

Jika saat Anda sedang mengecek komputer tapi tiba-tiba muncul pesan bahwa komputer Anda terkunci karena aktivitas ilegal dan Anda harus membayar lagi agar bisa kemabli berfungsi.
Namun jangan khawatir karena pesan tersebut tidak benar. Jangan pernah memasukkan informasi pembayaran apapun untuk pesan-pesan misterius ini. Yang Anda lakukan adalah tetap tenang, dan segera menggunakan berbagai layanan dari AVG atau Kaspersky.

4. Komputer crash, menjadi lambat & berhenti total

Hal ini biasanya karena konfigurasi file yang buruk di PC.Hal ini juga bisa dikarenakan karena PC terinfeksi malware. Cara paling ampuh adalah dengan menggunakan layanan defrag file.Apabila curiga kalau PC anda terinfeksi virus, maka coba buka ‘task manager’, coba lihat apabila berbagai file misterius yang sedang berjalan.

5. Fungsi-fungsi utama tidak berfungsi

Mayoritas sistem operasi hadir dengan sistem standar dengan ‘task manager’ yang memungkinkan pengguna melihat apa yang terjadi di internet,Namun, apabila ‘task manager’ tidak merespon, bisa diduga bahwa komputer Anda terkena virus. Jika hal ini terjadi, maka segera jalankan program antivirus.

6. Tidak terjadi masalah apa-apa

Bahkan jika komputer Anda tidak terjadi apa-apa pun hal tersebut patut dicurigai. Beberapa virus canggih dapat masuk secara halus ke sistem tanpa terdeteksi oleh software.
Cara terbaik untuk isu ini adalah untuk sering mengecek PC dengan produk-produk antivirus yang bagus.

Share