7 Tips Ampuh Amankan Ponsel Android Dari Virus


www.barugadget.com | Bukan hanya perangkat komputer/PC, smartphone pun juga rentang diserang virus. Hal ini karena smartphone memiliki platorm sistem operasi terbuka yang sama dengan perangkat pintar PC. Alhasil, potensi smartphone terutama Android kena virus atau pun malware atau software berbahaya makin besar.Tidak di pungkiri bila banyak yang menggeluhkan kalau ponsel mereka terkena virus atau malware. Hal ini bisa terjadi karena makin tergantungnya manusia dengan internet. Padahal, internet inilah yang jadi sarana penularan malware tersebut pada perangkat.

tips amankan android dari virus

Lantas, bagaimana cara agar mengamankan ponsel Android dari serangan virus ? Simak beberapa tips di bawah ini :

  • 1, Gunakan aplikasi yang didapat/diunduh dari Sumber terpercaya

Selain toko aplikasi resmi Google Play, masih banyak toko aplikasi lain. Dan perlu di sadari, bahwa alternatif ini juga rawan menjadi sarang malware yang siap menghantui perangkat Anda. Sebaiknya pilih toko aplikasi dari Google Play, Samsung Apps, ataupun vendor resmi dari perangkat kamu. Setidaknya keamanan aplikasi di sini masih lebih terjamin.

  • 2. Jangan Root Ponsel Android Anda

Jangan melakukan rooting android. Jika anda melakukan rooting pada ponsel android anda, berarti anda membuka pintu masuk terhadap virus itu agar bisa masuk ke sistem android anda yang lebih penting. Virus bisa leluasa mengobrak abrik sistem dan mencuri data anda tanpa adanya batasan hak akses.

  • 3. Hati Hati dengan Layanan Gratis Wifi Umum

Berselancar di internet dengan koneksi wifi umum apalagi yang berhubungan dengan data, itu sangat bahaya sekali. Para hacker bisa dengan mudah mengambil data anda dari jaringan wifi yang sama.Apalagi anda melakukan login akun jejaring sosial atau e-banking. Data anda itu ibarat data yang berterbangan di udara, tinggal hacker saja bagaimana caranya bisa menangkap data anda.

  • 4. Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi

Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan kamu tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon.

  • 5. Pasang Aplikasi Antivirus di Ponsel Anda

Aplikasi Antivirus memang masih menjadi peran penting dalam sistem keamanan sebuah perangkat. Banyak antivirus terbaik yang bisa kamu cari di google play.

  • 6. Cek Review Dari Aplikasi Tersebut

Sebelum mengunduh aplikasi, biasakan untuk melihat review dari para user yang telah mengunduh aplikasi tersebut, dari situ terlihat apakah aplikasi tersebut layak untuk di unduh atau tidak.

  • 7. Hindari Aplikasi Mencurigakan dan Bajakan

Ingatkah dulu saat pertama kali blackberry mengumumkan akan meluncurkan bbm untuk android dan ios? Dan saat itulah banyak aplikasi BBM palsu yang juga ikut beredar di Google Play. Hal ini menandakan bahwa pasar aplikasi terpercaya pun kadang bisa kebobolan oleh aplikasi yang bisa jadi berbahaya tersebut.

Selalu perhatikan aplikasi apa dan dari developer siapa yang akan kamu pasang pada perangkat Android kamu. Jika dulu banyak beredar bbm palsu, kalau kamu jeli memperhatikan developer resminya, yaitu Blackberry Limited, maka kamu tidak akan terjebak pada aplikasi palsu. Dan selalu baca dulu review di internet sebelum memasangnya.

Share