Android Nougat Resmi Menyandang Seri Android Nama N


www.barugadget.com | Google secere resmi akhirnya mengumumkan nama resmi sistem operasi untuk Android N, yaitu Android Nougat. Nama camilan manis susu dan kacang ini diambil dari sayembara yang diadakan beberapa waktu lalu, di mana Google akan meresmikan nama Android N berdasakan nama yang paling banyak disumbang.

Sayangnya, tidak sedikit yang ‘kecewa’ dengan keputusan Google mengambil nama Nougat. Sebab, banyak yang memprediksi bahwa Google justru akan mengambil nama Nutella ketimbang Nougat.

Android Nougat menjadi versi Android terkini setelah dikenalkan pada Maret lalu dan saat ini statusnya adalah Beta kedua yang diklaim lebih stabil dari versi perdana, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge. Meski demikian, belum jelas nomor versi yang disandang oleh Nougat, bisa Android 6.1 atau Android 7.0.

Android Nougat

Android Nougat

Nougat sebagai penerus Android Marshmallow membawa fitur-fitur baru seperti tampilan notifikasi, layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan.

Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual relaity terbaru Google, namun baru untuk perangkat yang mendukung saja.

Android Nougat juga meningkatkan kinerja fitur Doze yang sudah hadir di Android 6.0 Marshmallow. Fitur Doze ini bisa aktif ketika perangkat stasioner. Kini di Android Nougat, Doze bisa aktif ketika layar mati atau ketika perangkat tidak stasioner. Google juga telah meningkatkan Project Svelte agar Android Nougat mengonsumsi lebih sedikit RAM.

Tak hanya di sisi konsumen, Google juga memperhatikan sisi pengembang atau developer aplikasi. Raksasa mesin pencari ini akhirnya membawa dukungan bahasa pemrograman Java 8 di Android Nougat. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengembang dengan menggunakan Jack Compiler saat mengembangkan aplikasi.

Share