Apakah Anda Ingin Menjual HP Bekas dengan Harga Tinggi? Begini Tips Ampuhnya


www.barugadget.com | Ada beberapa tipe pengguna ponsel, ada yang setia menggunakan HP sesuai kebutuhan atau isi kantong. Ada pula yang ‘tukang selingkuh’, yang mudah terbuai dengan promo atau kecanggihan fitur-fitur yang diusung smartphone baru.

Menjual Hp Bekas Dengan Harga Tinggi

Menjual Hp Bekas Dengan Harga Tinggi

Kamu pasti yang kedua kan? Tentunya kamu merasakan sendiri menjual smartphone itu memang gampang gampang susah dan sudah pasti merugi. Besaran kerugiannya pun tergolong besar lho kalau dipikir-pikir, belum lagi harus menambah sejumlah uang untuk membeli smartphone tipe baru.

10 Tips Menjual HP Bekas dengan Harga Tinggi

Banyak yang masih tidak paham bagaimana tata cara menjual HP bekas dengan harga tinggi. Berikut kiat-kiat yang harus kamu lakukan untuk meminimalkan kerugian kala menjual HP.

1. Bersihkan Seluruh Body dan Layar

Buat yang suka gonta-ganti smartphone dalam hitungan bulan, tentunya harus merawat dengan baik. Sebisa mungkin gunakan case dan anti gores pada layar saat beli. Saat akan dijual, buka case dan anti-gores serta bersihkan seluruh bodi. Hasilnya smartphone terlihat kinclong dan minim baret.

Tampilan tentunya menentukan nilai jual smartphone karena hal yang paling pertama dilihat calon pembeli adalah kondisi kemulusan sebuah smartphone. Jika terlihat seperti baru, tentu harga jualnya akan tinggi. Sebalinya,  jika jelek dan terdapat baret-baret atau lecet maka harga jualnya pun ikut hancur.

2. Periksa Kelengkapan Bawaan

Smartphone yang dijual tanpa dus dan aksesoris bawaan, harga jualnya tentu bakal turun drastis dibandingkan dengan yang lengkap. Pastikan periksa kembali kelengkapan aksesoris, charger dan perangkat lainnya.

3. Tata dengan Rapi

Berikutnya simpan dan kemas semua peralatan smartphone dengan rapi, kalau bisa susunlah agar terlihat seperti baru. Ini adalah strategi agar smartphone dapat terjual dengan harga yang pantas. Paradigma seseorang dalam menentukan harga dari sebuah barang tentunya dilihat dari tampilan awalnya. Jika ketika melihat pertama kali sudah tidak tertarik, maka harganya pun akan jauh dari ekspektasi awal.

4. Jual ke Orang Dekat

Jika kondisi smartphone masih sangat bagus dan like new, sebaiknya tawarkan lebih dulu ke teman, tetangga, atau saudara. Biasanya, harga jualnya bisa lebih tinggi, apa lagi bila diiming-iming bisa dicicil.

5. Jual Online atau ke Toko Konter?

Tawaran smartphone bekas oleh konter biasanya mengecewakan. Semakin lama, tentunya harga smartphone juga akan semakin turun. Direkomendasikan jual ke pembeli langsung, bisa melalui Kaskus atau OLX. Jika barang kamu bagus, pastinya harga juga bagus.

6. Buat Deskripsi dan Foto Semenarik Mungkin

Jika sudah memutuskan untuk menjual secara online, buatlah deskripsi kondisi smartphone secara rinci. Jangan berlebihan apalagi bohong, tulis apa adanya saja. Lengkapi pula dengan foto-foto menarik dari HP tersebut, adanya foto meningkatkan ketertarikan calon pembeli.

Jika tak butuh, cari moment yang pas seperti saat hari besar seperti Idul Fitri atau Natal dan Tahun Baru. Musim liburan hari raya, permintaan akan smartphone baik baru atau bekas biasanya meningkat. Semakin banyak penawar yang masuk, tentunya tawaran dengan harga yang tertinggimakin variatif.

7. Kasih Harga yang Wajar

Sebagai penjual tentunya kita ingin mendapatkan harga yang layak untuk smartphone yang hendak dijual. Meskipun begitu, kita harus tahu diri dalam memberi harga. Jangan samakan saat kita beli baru atau malah lebih tinggi untuk dapat untung. Cara ini biasanya bikin calon pembeli malas menawar. Cek harga pasaran dan berikan harga wajar dan menarik agar cepat laku.

8. Pilih Sistem Pembayaran

Umumnya terdapat 3 pilihan sistem pembayaran yang bisa dipilih, yakni COD (cash on delivery), rekening bersama atau transfer langsung. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara ringkas COD adalah proses bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan penjualan/pembelian secara langsung dengan melakukan perjanjian tempat yang disepakati. Jadi pastikan kamu mencantumkan lokasi COD dan waktu yang telah ditentukan.

Kelebihan transaksi COD, tentunya uang akan lebih cepat diterima setelah barang tersebut dibeli secara langsung. Di sisi lain pembeli juga dapat melihat bentuk dan kondisi barang secara langsung. Kekurangannya COD calon pembeli terbatas hanya dalam satu wilayah yang sama dan sebaiknya kita harus bersikap hati-hati. Pilih tempat lokasi COD yang aman seperti di tempat umum atau kafe, usahakan jangan mau transaksi di pinggir jalan apalagi di tempat gelap.

9. Berikan Jaminan

Jika yakin barang yang dijual sehat walafiat, jangan takut berikan jaminan. Misalnya 3×24 jam untuk jaminan mesin ataupun konsultasi. Tentunya, calon pembeli akan merasa lebih aman dan nyaman, sehingga HP bisa terjual dengan harga tinggi.

10. Jangan Lupa Hapus dan Bersihkan Seluruh Data

Sebelum melakukan semua tips di atas, pastikan smartphone yang akan dijual sudah di factory resetdan tak ada data yang tersisa, termasuk juga ambil kartu microSD dan kartu SIM. Karena keduanya sudah menjadi identitas dari si pemakai, demi privasi jangan berikan itu sebagai bonus kepada pembeli smartphone.

(Sholikati Rieza | barugadget.com).

Share