Apakah Perlu Ada Antivirus Pada Android ? Ini Dia Penjelasanya


www.barugadget.com | Antivirus android sering menjadi tanda tanya bagi para pengguna smartphone kodok hijau ini. Apa benar ada virus di android..?? bukankah virus itu hanya ada di Windows OS..?? Berikut ini hasil penyaduran yang penulis kutip dari fourum diskusi yang barugadget ringkas.

the-best-antivirus-for-android
Perlu atau tidaknya kehadiran Antivirus di smartphone Android kamu. Karena, banyak orang yang mengeluhkan dengan hadirnya Antivirus hanya akan memperlambat Android, sedangkan ada juga yang mengatakan bahwa Antivirus merupakan aplikasi yang wajib ada di setiap smartphone Android.

Faktanya, Android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Oleh karena itu, tidak heran jika Android menjadi incaran empuk para oknum-oknum jahat yang ingin memanfaatkan kemegahan Android.

Beberapa Antivirus Android yang terkenal :
- Avast Mobile Security
- Lookout Antivirus
- Antivirus Free
- Dr Web Antivirus
- Android Antivirus
- Netqin Antivirus

Kesemua antivirus itu pernah saya install. Dari keenam antivirus tersebut hanya ada dua antivirus yang berhasil mendeteksi virus yakni Dr Web Antivirus dan Android Antivirus. Namun saya tidak tahu apakah itu False Detection. Hal ini dikarenakan 2 antivirus terbaik Android yakni Avast dan Lookout tidak mendeteksinya sebagai virus.

Jadi, Apa Perlu Install Antivirus di Android?

Menurut saya pribadi, Antivirus adalah hal yang perlu dan tidak perlu. Dalam arti begini, Antivirus terkadang memakan resource atau sumber daya yang cukup besar, karena harus selalu berjalan (running) di belakang sistem, sehingga dapat menghabiskan baterai. Tentu kondisi seperti ini akan merepotkan bagi pengguna smartphone kelas menengah ke bawah yang RAM-nya pas-pasan.

Sebaliknya, jika kamu memiliki RAM besar dan tidak terbebani dengan adanya Antivirus, ya lebih baik pasang saja, karena demi keamanan juga.

Cara Menghindari Ancaman Jika Tidak Menginstall Antivirus

  • Sebisa mungkin jangan Install Aplikasi di luar dari Google Play Store. Jika memang terpaksa, pastikan file APK yang ingin di-install berasal dari sumber yang terpercaya. Karena bisa saja APK tersebut sudah disisipkan script yang bisa mengambil informasi pribadi atau keuangan kamu.
  • Jangan sembarang klik atau buka link yang tidak dikenal. Semisal kamu mendapatkan broadcast dari teman yang berisikan link, alangkah baiknya tanyakan dulu itu link apa, bisa jadi teman kamu sudah dibajak untuk menyebarkan link scam yang nantinya dapat merugikan.
  • Jangan juga sepenuhnya percaya dengan aplikasi yang ada di Google Play Store. Google tidaklah sempurna, terkadang masih ada aplikasi yang dianggap merugikan tetapi masih bisa di-download dari Play Store. Sebaiknya, sebelum men-download, kamu perhatikan dulu Review dari orang-orang yang sudah mencobanya.

Kalau dari saya pribadi, Saya sendiri tidak meng-install Antivirus di Android, Karena jika kita paham dan dapat memilih mana aplikasi yang layak install atau tidak, semua dapat teratasi.

(Livikava | barugadget.com).

Share