• Home »
  • Android »
  • Cara Ampuh Untuk Mengetahui Aplikasi Android Yang Membawa Virus / Malware

Cara Ampuh Untuk Mengetahui Aplikasi Android Yang Membawa Virus / Malware


www.barugadget.com | Sistem operasi Android merupakan produk unggulan keluaran oleh perusahaan internet terbesar sejagat raya yakni Google, Sistem operasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat canggih. Sehingga tak heran jika para perusahaan HP berlomba-lomba untuk menggunakan jasanya, Berbekal dengan aplikasi serta game seru membuat HP Android banyak diburu oleh pengguna smartphone.

cara mengetahui aplikasi pembawa virus

Namun di setiap kelebihan tersebut pasti ada kekurangannya. Seperti Oprasi sistem ini, dengan adanya banyak kelebihan yang telah di suguhkan pasti juga ada kekurangannya, salah satunya yaitu dalam aplikasi yang terkadang membawa virus malware. Berbeda dengan oprasi sistem iOS yang telah di bawakan oleh smartphone iPhone, Microsoft dengan windows. Pihak Google belum memblokir ataupun menghentikan aplikasi – aplikasi yang di dalamnya membawa virus.

Nah, berikut ini kami telah meringkas beberapa cara untuk mengetahui apakah aplikasi yang kita pasang membawa virus atau aman bebas dari virus yang sangat berbahaya tersebut.

1. Tidak ada di Play Store

Biasakan anda selalu mendownload dan menginstall aplikasi yang terdapat pada Play Store Saja, karena jika aplikasi tersebut tidak terdapat pada Play Store dengan file .apk ini terkadang sering membawa virus / malware. Memang pihak Googe tidak melarang anda mendownload aplikasi yang tidak ada di Play Store, namun resiko anda yang tangguh sendiri jika terkena virus.

2. Izin Pemasangan Aplikasi Android Mencurigakan

Biasanya sebuah aplikasi yang tak terdapat pada play store, mempunyai izin pemasangan yang lebih banyak aturan atau ribed. Ya, maka dari itu anda harus lebih teliti lagi dalam mengunduh aplikasi yang akan anda gunakan pada ponsel Android anda.

3. Jumlah Penginstallan

Sebelum mendownload dan menginstall aplikasi tersebut, maka anda alangkah baiknya melihat jumlah berapa banyak orang yang mengunduh aplikais ini. Jika yang mendowloadnya lebih dari 1juta dan juga mendapatkan rating bintang 4-5, maka aplikasi ini dianggap aman. Sebagai buktinya banyak orang yang menggunakan aplikasi ini.

4. Ijin pemasangan aplikasi tidak wajar

Jika kita memasang aplikasi pada Play Store biasa untuk proses pemasangan membutuhkan izin yang komplit dan tidak meragukan, Nah, dari sini kita di tuntut agar lebih teliti dan ga gawur dalam menginstal aplikasi yang belum kita kenal.

Share