Cara Jitu Atasi Android Yang BootLoop


www.barugadget.com | Smartphone Android bootloop, mati total, atau secara tiba-tiba tidak bisa restart seringkali terjadi dan dialami para pengguna Android. Masalah ini kerap membuat panik, dan putus asa. Hal demikian merupakan hal yang wajar saja. Namun, anda jangan panik ada solusi yang dapat mengatasi permasalahan anda.

Android Bootloop

Smartphone android mengalami bootloop dikarenakan beberapa penyebab. Di bawah ini ada beberapa tips cara mengatasi android yang sering mengalami bootlop dari penyebab yang dihadapi:

1. Android Light Bootloop
Hal ini terjadi gangguan pada Android saat dinyalakan hanya sampai logo. Yang menjadi penyebab karena melakukan install aplikasi, bermain game, namun tiba-tiba Ponsel mengalami restart. Bootloop ini merupakan yang paling mudah untuk diperbaikinya.

Cara mengatasinya : Untuk jenis Android pada umumnya, bisa dilakukan dengan melepas baterai lalu dihidupkan kembali. Namun untuk smartphone yang jenis tablet, terasa sulit karena baterai yang digunakan telah disolder dengan perangkat, sehingga harus menghilangkan solderan lebih dulu.

2. Android Medium Bootloop
Ini merupakan jenis kerusakan pada tingkat menegah, yang menjadi penyebab secara umum karena pengguna melakukan istall script yang tidak jelas atau melakukan oprek pada ponsel. Bootloop jenis ini masih bisa diselamatkan dengan recovery mode.

Cara mengatasinya : Sebelum mengatasi android bootloop, lakukan backup data Android jika terjadi masalah yang tidak diinginkan. Selanjutnya, lakukan restore baik original maupun yang CWM.

3. Android Hard Bootloop
Ini merupakan yang paling parah termasuk hardbrick, yang mana jika android dihidupkan hanya sampai logo Android. Ini sering terjadi jika pengguna melakukan modifikasi script, rooting dan menghapus aplikasi bawaan.

Cara mengatasinya : Silahkan Factory Reset pada Os Android, namun jika ragu silahkan bawa ke service center nya.

Namun, secara umum untu mengatasi android bootloop anda dapat mengatasinya dengan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Pastikan bahwa data android anda sudah dibackup terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka CWM Recovery, dengan cara klik tombol Power dan Volume up atau down secara bersamaan tanpa ada jeda waktu.
  3. Masuk ke  recovery mode dengan tombo, up atau down sebagai navigasi dan power untuk klik. Pilih backup dan restore dan klik restore data.
  4. Lalu tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
Share