Cara Mengatasi Android Yang BootLoop dan Penyebabnya


www.barugadget.com | Masalah bootloop pada smartphone android merupakan suatu keadaan dimana system hp android anda tidak dapat melakukan proses booting atau start-up sehingga anda tidak bisa masuk ke menu utama dan hanya stuck pada logo samsung atau logo lainnya. Smartphone android mengalami bootloop dikarenakan beberapa penyebab. Di bawah ini ada beberapa tips cara mengatasi android yang sering mengalami bootlop dari penyebab yang dihadapi :

Android BootLoop

Android BootLoop

1. Android Hard Bootloop

Gangguan bootloop yang satu ini adalah yang paling parah, dimana android dihidupkan hanya sampai logo android saja. Gangguan seperti ini terkadi jika pengguna melakukan modifikasi script yang tidak jelas, melakukan rooting dan menghapus aplikasi bawaan android. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan mereset kesetelan pabrik kembali. Jika anda ragu melakukannya anda bisa membawa android anda ke service center android terdekat sesuai dengan tipe android anda.

2. Android Medium Bootloop

Gangguan bootloop pada fase ini merupakan tingkat gangguan android pada level menegah. Secara umum yang menjadi penyebab bootloop pada level ini adalah kaena pengguna sering melakukan install script yang tidak jelas atau melakukan oprek pada ponsel. Bootloop jenis ini masih bisa diatasi dengan cara recovery mode. Untuk mengatasi tipe bootloop seperti ini cara mengatasinya adalah dengan melakukan backup data android jika terjadi masalah yang tidak di inginkan. Anda harus memiliki file backup android milik anda, jika terdapat beberapa file penting di dalamnya. selanjutnya lakukan restore baik yang original maupun yang CWM.

3. Android Light Bootloop

Penyebab gangguan bootloop yang pertama ini adalah, ketika android dinyalakan hanya sampai logo saja. Biasanya ini terjadi ketika menginstal aplikasi atau bermain game tiba-tiba android mengalami bootloop. Gejalah ini yang paling mudah diperbaiki. Cara mengatasinya adalah dengan melepas baterai lalu dihidupkan kembali. Jika android anda memiliki jenis baterai tanam makan anda harus membuka terlebih dahulu solderan pada baterai anda.

Namun, secara umum untu mengatasi android bootloop anda dapat mengatasinya dengan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Pastikan bahwa data android anda sudah dibackup terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka CWM Recovery, dengan cara klik tombol Power dan Volume up atau down secara bersamaan tanpa ada jeda waktu.
  3. Masuk ke  recovery mode dengan tombo, up atau down sebagai navigasi dan power untuk klik. Pilih backup dan restore dan klik restore data.
  4. Lalu tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

( Livikava | barugadget.com).

Share