Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone


Cara Menghemat Kuota InternetCara Hemat Kuota Smarphone – Barugadget.com – Kebutuhan internet pada smartphone Android cukup tinggi, kebutuhannya pun beragam. Tidak hanya untuk keperluan browsing saja melainkan ada yang harus terkoneksi dengan layanan pesan instan (BBM), jejaring sosial yang membutuhkan koneksi secara terus menerus. Bagi penggemar game tidak luput rasanya jika tidak mencicipi sensasi game online dan tentunya memakan kuota internet pula.

Pengguna perangkat Android lebih memilih paket kuota karena mereka beranggapan pilihan itu lebih baik daripada layanan unlimited, namun jika sudah kehabisan kuota internet bisa jadi mimpi buruk.

Layanan kuota banyak dipilih karena tranfer data yang diberikan sangatlah cepat dibandingkan dengan layanan unlimited. Namun terkadang kuota internet yang disediakan terasa agak kurang dan cepat habis. Bila kuota anda sudah habis koneksi internet otomatis akan menyedot pulsa anda.

Berikut Tips Bagaimana Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone

  • 1. Non-aktifkan Auto Update

Auto update adalah salah satu fasilitas smartphone yang akan menguras habis kuota internet Anda karena semua aplikasi yang Anda pasang akan mengalami update secara otomatis. Hal ini sering terjadi bagi para pengguna smartphone yang memasang banyak sekali game karena game mengalami frekuensi update yang lebih sering dibandingkan aplikasi jenis lainnya. Karena itu, untuk mengurangi penggunaan data yang tidak diinginkan, Anda dapat mematikan fasilitas auto update pada smartphone Anda atau berikan ijin update hanya jika Anda terhubung dengan jaringan wifi.

  • 2. Gunakan Browser dengan Kompresi Data

Beberapa browser memiliki fasilitas kompresi dimana browser ini akan melakukan kompresi semua data di server penyedia browser sebelum ditampilkan di layar smartphone Anda. Hal ini menyebabkan Anda hanya menghabiskan sedikit kuota internet untuk mendownload dan menampilkan apapun di browser Anda karena telah dikompresi sebelumnya. Browser yang mendukung kompresi data ini antara lain adalah google chrome, opera mini, dan UC browser.

  • 3. Non-aktifkan AutoSync

Selain auto update, mayoritas aplikasi memiliki fasilitas autosync yang memungkinkan aplikasi tersebut menggunakan kuota internet Anda dengan otomatis. Fasilitas ini pada umumnya dimiliki oleh aplikasi social media yang akan melakukan sync untuk memberitahukan kabar terakhir pada Anda. Tentunya hal ini akan sangat menguras kuota internet Anda, khususnya jika Anda memiliki banyak sekali update di social media. Untuk menghemat kuota Anda, auto sync beberapa aplikasi yang dirasa tidak penting sangat disarankan untuk dimatikan.

Share