Deretan Kota di Indonesia Dengan Koneksi Internet Tercepat


www.barugadget.com | Dari segi kecepatan, Indonesia memang masih tertinggal jauh dari negara-negara lain. Dengan kecepatan berkisar 5,33 Mbps, menjadikan Indonesia sebagai negara ke 143 dari 198 negara yang terdaftar memiliki kecepatan #internet di dunia.

Data yang dikutip dari Net Index dari serangkaian proses uji kecepatan `Speedtest’ yang dilakukan di setiap negara ini tentu membuat status internet Indonesia tergolong pada kategori negara dengan koneksi internet lamban. Diantara sedikit banyak kesan yang melekat pada predikat tersebut, namun kita harus bersyukur bahwasannya kita masih bisa menikmati fasilitas internet yang menghubungkan kita pada dunia.

Koneksi Internet

Menduduki posisi ke-143, tentunya menjadikan Indonesia termasuk kategori negara yang memiliki koneksi internet lamban. Pun demikian, terdapat beberapa wilayah dimana para pengguna internet ternyata masih bisa `mencicipi` cepatnya koneksi internet yang lebih cepat dibanding wilayah lainnya.

Bahkan, dengan dukungan layanan ISP (Internet Service Provider) tertentu, aktivitas berinternet pun semakin lebih cepat dan nyaman. Penasaran apa saja nama kota yang memiliki koneksi internet super cepat di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tangerang

Di Indonesia, kota yang menduduki peringkat pertama dalam masalah koneksi internet adalah Tangerang. Benar, dibandingkan Jakarta, Tangerang masih jauh lebih baik untuk masalah kecepatan internet.

Bahkan, koneksi internetnya sendiri mencapai 7,8 Mbps lho. Hal ini karena didukungnya jaringan 4G LTE yang mampu menjangkau ke dalam gedung atau rumah sekalipun baik dalam perkotaan maupun luar perkotaan. Siapa yang rumahnya di Tangerang?

2. Jakarta

Jakarta memang bukan nomor 1 soal koneksi internet, tapi ibukota Indonesia ini menduduki jajaran nomor 2 kok. Koneksi internetnya sendiri dapat mencapai 7,25 Mbps. Kenapa bisa kalah sama Tangerang?

Nah, di Jakarta layanan 4G-nya itu masih belum bisa mencapai seluruh wilayah Jakarta, meski Jakarta menyandang nama sebagai ibukota Indonesia. Tapi, jika kamu berada di area seperti Semanggi, Sudirman, Pondok Indah, dan Blok M, sensasi 4G LTE area itu ngebut banget lho.

3. Bekasi

Tahu kan kalau Bekasi pernah menjadi korban bully-an di media sosial karena jauhnya minta ampun? Gitu-gitu, Bekasi menempati posisi ketiga lho dari kota dengan koneksi internet tercepat.

Memiliki kecepatan internet yang mencapai 4,29 Mbps, kota satu ini juga sudah mendapatkan jaringan 4G LTE yang baik lho. Tidak hanya satu atau dua provider, tapi beberapa provider sudah mulai menjamah kota ini dengan layanan 4G-nya.

4. Surabaya

Kota yang menduduki peringkat ke empat adalah Surabaya. Kota ini mempunyai kecepatan internet hingga 4,17 Mbps. Sebagai ibukota Jawa Timur, banyak provider yang sudah mendukung layanan 4G, baik untuk area outdoor sampai indoor.

Menariknya, jaringan 4G yang didapat itu tersedia di lokasi seperti mal, area kantor, sekolah, kampus, dan gedung-gedung lainnya. Tertarik pindah ke Surabaya?

5. Bandung

Selain ibukota Jawa Timur, Bandung sebagai ibukota Jawa Barat juga mempunya koneksi 4G LTE yang baik. Kecepatannya itu mencapai 3,95 Mbps, dan sudah banyak provider yang mencapai area Bandung ini lho.

Yang keren dari Bandung adalah, layanan 4G LTE yang ada di kotamadya Bandung sudah hampir bisa dinikmati oleh semua orang di sana. Jadi, kalau kamu mau main ke Bandung, itu sudah aman sekali.

Share