Find My iPhone, Aplikasi Pencar iPhone Yang Hilang


www.barugadget.com | Jika perangkat iOS Anda hilang tanpa jejak, maka Anda dapat melacak keberadaan perangkat Anda. Untungnya, Apple tampaknya unggul dalam kasus seperti ini. Anda dapat melacak keberadaan iOS jika hilang atau dicuri dengan mengaktifkan Find My iPhone. Bagi Anda para pengguna perangkat iOS yang sudah melakukan jailbreak, apabila sedang bepergian dengan angkutan umum yang dirasa tidak aman, sebaiknya Anda juga menggunakan Anti-Theft, sebagai alat peringatan pertama jika iPhone Anda berpindah tangan.
Find My iPhone

Find My iPhone

Anda yang masih belum puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Find My iPhone dan Anti-Theft bisa menggunakan aplikasi Anti-Theft pihak ketiga yang sudah banyak bertebaran di Apple Store seperti iCaughtU Pro dan lain-lain.

Berikut ini  mengenai cara penggunaan aplikasi Find My iPhone :

  1. Download dan install aplikasi gratis ini dari App Store. Walaupun namanya ‘Find My iPhone’ namun bisa juga digunakan di iPad dan iPod Touch. Aplikasi ini gratis dan berukuran sekitar 17MB untuk bisa Anda gunakan.
  2. Buka aplikasi ini, lalu masukkan akun iTunes yang sudah Anda miliki untuk mulai mengaktifkan aplikasi Find My iPhone pada iPad Anda.
  3. Jika Anda memiliki device iOS lain seperti iPhone atau iPod touch, lakukan hal yang sama, install juga aplikasi ini pada device tersebut. Nantinya jika Anda kehilangan iPad ini, maka Anda bisa melacaknya melalui iPhone dan iPod Touch Anda atau pun sebaliknya.
  4. Jika Anda tidak memiliki device iOS lain, maka cara untuk melacaknya adalah melalu PC atau MAC. Kunjungi alamat http://www.icloud.com/ lewat browser komputer, lalu masukkan kembali akun iTunes Anda ketika diminta untuk langsung melacak keberadaan iPhone Anda.
  5. Untuk membuka fitur tambahan dari Find My iPhone, klik ikon ‘I’ berwarna biru disamping lokasi iPad pada peta, maka menu tambahan akan muncul.

Play Sound or Send Message:

Langsung ketikan pesan singkat yang nantinya akan muncul di layar utama iPad. Aktifkan pula ‘Play Sound’ agar iPad Anda juga mengeluarkan suara nyaring yang menarik perhatian. Jika sudah selesai, klik ‘Send’.

Remote Lock:

Masukkan kode 4 angka, konfirmasi ulang, lalu klik ‘Lock’, maka secara otomatis iPad akan terkunci dengan password tersebut. Ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan data Anda di dalam iPad selama Anda berusaha menemukan kembali tablet ini.

Remote Wipe:

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan jika sudah tidak ada harapan untuk menemukan kembali iPad tersebut. Yaitu dengan cara menghapus seluruh isi tablet, termasuk aplikasi Find My iPone di dalamnya (jadi sudah tidak mungkin lagi melacak keberadaan iPad lewat peta). Namun dengan begitu data pribadi Anda tidak akan jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab, akan tetapi sayang juga ya kalau perangkat kita adalah iPhone 7 Plus, akan tetapi untuk wirausahawan beda lagi karena data lebih penting daripada uang.

Caranya mudah, langsung saja klik ‘Remote Wipe’ lalu ‘Wipe iPad’. Data akan dihapus secara permanen. Hal yang harus juga diperhatikan adalah pastikan Anda telah mengijinkan akses aplikasi Find My iPhone ini sebelumnya pada iCloud. Untuk mengeceknya masuk ke ‘Setting’ > ‘iCloud’ > ‘Find My iPad’ lalu klik ON. Pastikan juga untuk mengaktifkan Location Services aplikasi ini. caranya masuk ke ‘Setting’ > ‘Location Services’ > ‘Find My iPad’, lalu klok ON pada pilihan yang tersedia.

~~GOOD JOOB~~

Kelebihan dari aplikasi Find My iPhone antara lain:

  • Melacak lokasi iPhone hilang Anda melalui peta.
  • Memunculkan pesan Anda pada layar utama iPad dan mengeluarkan suara khusus dengan volume penuh, walau iPhone/iPad tersebut sedang dalam kondisi ‘mute’.
  • Mengunci iPhone/iPad Anda dengan ‘Remote Lock’. Jadi iPhone tersebut bisa Anda kunci dengan password secara jarak jauh untuk memblok akses kedalamnya.
  • Menghapus seluruh isi iPhone dengan ‘Remote Wipe’. Jadi Anda bisa menghilangkan seluruh data di dalam iPhone tersebut dari jarak jauh. Dengan begitu tidak ada pihak yang bisa mengambil data Anda yang tersimpan di dalamnya.

(Andra | barugadget.com).

Share