Hati-Hati! Hindari Hal-hal di Bawah Ketika HP Sedang di Charge


www.barugadget.com | Tidak dapat dipungkiri kalau bagian ponsel yang seringkali cepat rusak adalah baterainya. Padahal untuk mengganti baterai yang rusak kita harus mengeluarkan biaya yang nggak sedikit. Tak hanya itu saja Toppers, bahkan kalau kita tidak mengganti baterai yang rusak tersebut dalam waktu yang lama bisa-bisa baterai dapat meledak dan terbakar. Hii serem banget ya, Toppers.

HP Sedang di Charge

Fakta bahwa baterai adalah elemen inti dari smartphone tak bisa dielak. Tanpa baterai yang kokoh, smartphone tak bakal bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, pengguna harus tepat dalam merawat baterainya agar lebih tahan lama. Nah, berikut ini kami akan membagikan beberpa tip n triks jitu yang sederhana bagi pengguna smartphone untuk memanjangkan umur baterainya.

1. Jangan charge di atas kasur atau tempat empuk

Sambil menunggu charge, hp ditaruh dikasur atau kursi yang empuk sebenarnya berdampak buruk. Panas yang dihasilkan ketika sedang mengisi baterai akan semakin bertambah ketika berada di tempat yang empuk. Sebaiknya charge di tempat yang keras seperti meja atau lantai.

2. jangan tempatkan baterai di suhu dingin.

Jika ingin menyimpan baterai, pastikan tak di tempat dengan suhu dingin, seperti kulkas. Dampak negatifnya akan sama dengan kemungkinan jika baterai disematkan pada tempat bersuhu panas sperti kasur.

3. jangan biarkan baterai kosong dalam waktu lama.

Jika baterai benar-benar dalam keadaan kosong, sel baterai akan “tidur”. Jika tak cepat-cepat “dibangunkan”, kemungkinan terburuknya sel tersebut bakal kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian. Maka, saat kapasitas baterai menunjukkan 40 persen, pengguna sudah harus siap-siap melakukan pengisian ulang.

4. Jangan charge Ponsel semalaman

Biasanya orang main hp hingga larut malam, lalu tidur sambil charge hp-nya sehingga ketika bangun pagi maka bisa digunakan kembali. Dengan melakukan charge semalaman maka baterai bisa kelebihan kapasitas dan bahkan beberapa kejadian bisa menimbulkan panas dan ledakan.

5. Jangan tunggu hingga 0%

Setiap baterai memiliki batasan charge cycle atau maksimal berapa kali charge hingga performanya menurun. Jika kamu menggunakan smartphone kamu hingga baterainya 0% maka kemungkinan akan menurunkan performanya.
Pada sebuah tes didapatkan bahwa rata-rata charge cycle sebuah baterai sekitar 1000 hingga 2500 dalam keadaan setiap kali charge maksimal baterai tersisa 25%. Tetapi ketika sisa baterai 0% maka charge cycle hanya sekitar 300 – 500 saja. Jadi sebaiknya ketika sudah 30% langsung charge baterai hp kamu.

6. Jangan Mamakai charge HP bajakan / Palsu

Menggunakan charger bajakan tidak dapat menjamin baterai dan hp aman. Selain kualitas yang masih dipertanyakan, hasil output dari charger bajakan juga biasanya tidak sesuai dengan apa yang tertulis di depannya. Misalnya tertulis output 2A tetapi aslinya bisa dibawah 2A.

(Livikava | barugadget.com).

Share