Ingin Mengehemat Paket Internet di Android ? Ini Trik Sederhananya


www.barugadget.com | Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebuah smartphone akan kurang maksimal tanpa koneksi internet. Pasalnya saat ini hampir semua aplikasi smartphone Android memerlukan koneksi internet agar bisa berjalan sebagai mana mestinya. Sebut saja aplikasi sosial media dan aplikasi instant messenger. Kedua jenis aplikasi tersebut tidak akan bisa digunakan tanpa koneksi internet. Dua macam koneksi internet yang biasa digunakan oleh smartphone Android adalah koneksi wifi dan paket data.

Menghemat Paket Internet Android

Menghemat Paket Internet Android

Pada kesempatan kali ini barugadget.com akan mengajak anda semua untuk membahas paket data internet di Android. Saat ini banyak sekali operator selular yang menyediakan pilihan paket data untuk Android. Namun sebagian besar selalu dibatasi kuotanya.

1. Aktifkan Update Aplikasi pada saat terhubung dengan Wifi saja

Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Playstore, maka pada saat ada update akan secara otomatis melakukan pembaharuan nantinya. dan hal ini bisa menjadi penyebab utama boros kuota karena kapasitas ukuran file aplikasi biasanya cukup besar. Untuk itu lakukan pengaturan melakukan update jika terhubung ke wifi saja, caranya silahkan masuk ke akun playstore, lalu menuju ke menu settings>>auto-update apps>> auto-update apps over Wifi Only.

2. Gunakan Chrome Data Saver saat Browsing

Jika kamu pengguna Browser Chrome, maka Trik Menghemat Paket Internet di Android yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk melakukan hal ini silahkan menuju ke menu Settings >> Data Saver On. Dengan melakukan hal inimaka kamu telah mengompres 50% pemakaian data kamu saat browsing.

3. Batasi Penggunaan data di Background

Membatasi penggunaan data di Background memang menjadi sebuah cara cerdas untuk mengatasi boros kuota data. Caranya pun juga cukup mudah, silahkan pergi ke menu setting>> data Usage. Lalu tap menu pilihan yang ada dibagian kanan atas, pilih Restrict Background Data>> OK.

4. Batasi Penggunaan Data di setiap aplikasi

Trik Menghemat Paket Internet di Android selanjutnya ialah membatasi penggunaan data disetiap aplikasi yang digunakan. Hal ini memang perlu dilakukan karena mengunakan data usage diatas saja masih belum sepenuhnya optimal. Beberapa aplikasi memang memiliki opsi sinkronisasi dan opsi data sendiri. Untuk mengaksesnya kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting dari aplikasi terkait.

(Briyan | barugadget.com).

Share