Penyebab Smarphone Yang Sering Hang Dan Cara Pencegahanya


hang

www.barugadget.com – Banyak sekali pengguna Smarphone yang mengeluh bahwa ponsel mereka sering lelet, dan bahkan tiba-tiba hang. Semua produkponsel berbasis Android, Windos Phone, dll pasti pernah mengalami ini. Hal ini tentunya membuat para pengguna merasa jengkel. Sebelum menyalahkan produsen Smarphone Anda, ada baiknya Anda membaca cara memperbaiki Smarphone yang sering mengalami hang berikut ini.

Penyebab Smarphone Sering Hang

Sebelum menemukan cara memperbaiki Smarphone sering hang, Anda harus mengetahui mengapa ponsel Anda sering hang.

Pertama, hal ini dikarenakan oleh kesalahan pengguna sendiri. Mungkin saja pengguna tidak paham akan spesifikasi smartphone-nya. Selain itu, banyak pengguna yang sering memaksakan beberapa aplikasi berat untuk smartphone-nya tanpa mengetahui kapasitas RAM-nya. Jika hal ini terjadi pada Anda, ada baiknya Anda mengecek kecepatan prosesor Anda dan seberapa besar kapasitas RAM Anda.

Kedua, mungkin Anda seringkali menemukan tulisan out of memory pada layar smartphone Anda ketika sedang menjalankan aplikasi. Ada baiknya Anda meng-uninstall beberapa aplikasi yang tidak penting untuk menjaga agar memori internal smartphone Anda tetap aman.

Beberapa aplikasi yang tidak penting misalnya aplikasi yang digunakan untuk memperbaiki tampilan smartphone. Misalnya font changer, live wallpaper, dan launcer yang mempunyai efek animasi 3D. Mungkin saja Anda merasa sayang untuk menghapusnya, tetapi ada hal yang perlu dipertimbangkan. Lebih penting mana HP android Anda bisa digunakan dengan normal tanpa hang atau memiliki HP android yang sering hang dengan aplikasi kurang penting? Anda bisa juga memasang aplikasi cache cleaner untuk menghindari penuhnya memori internal.

Cara Mencegah Smartphone Hang

  • Berhenti menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu

Ketika ponsel dipaksa untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, maka smartphone otomatis akan mengalami hang. Pastikan untuk tak menggunakan banyak aplikasi bersamaan atau menggunakan aplikasi satu per satu untuk mencegah handset panas dan akhirnya error.

  • Install aplikasi di memori eksternal

Salah satu kesalahan besar yang dilakukan oleh banyak orang adalah bahwa mereka meng-install aplikasi di memori ponsel, bukan memori eksternal itu dapat pula menyebabkan hang pada perangkat. Secara umum, semua aplikasi, video, foto harus disimpan dalam kartu memori (SD card) di luar memori internal.

  • Hapus aplikasi tak penting dari RAM

Jika memori internal ponsel Anda (RAM) sudah penuh, maka ponsel dipastikan dapat mengalami gangguan dari waktu ke waktu. Pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak perlu, seperti foto atau video dari memori internal.

  • Jaga agar memori eksternal tidak full

Membuat memori eksternal penuh juga dapat menyebabkan ponsel error. Jika memori eksternal Anda akan penuh, disarankan untuk mentransfer data ke komputer atau laptop segera.

  • Kelola file dengan Baik

Mengelola file Anda sendiri dan ingat untuk menghapus file yang tidak perlu, cookies & cache dan sebagainya. Menginstal banyak aplikasi dapat menciptakan masalah jika smartphone tidak dapat mendukung semua aplikasi pada waktu yang sama.

  • Update Software secara Teratur

Pengguna disarankan untuk rajin memperbarui berbagai software secara teratur agar mengurangi permasalah hang yang mungkin kerap kali terjadi pada smartphone.

  • Install Antivirus untuk Smartphone

Virus yang menginfeksi smartphone biasanya akan memperlambat sistem operasi dengan mudah. Ada baiknya jika Anda menginstal antivirus untuk smartphone kesayangan.

Share