Solusi Mengatasi Hp Android Yang Mati Total (Matot)


www.barugadget.com | Sangat disayangkan jika Handphone Android kesayangan kita mengalami kerusakan hal tersebut tentu sangat tidak diharapkan karena Handphone androidnya mengalami kerusakan Mati total dalam artian Brick proses yang dinamakan Brick ini merupakan Hal error yang terjadi pada Boot manager di smartphone android anda yang mengalami kondisi Mati total dan tidak ada suatu proses tanda kehidupan pada HP Android anda .

Perbaiki Android Matot

Perbaiki Android Matot

Jika kamu mengalami smartphone Android yang tiba-tiba tidak mau menyala atau mati total alias matot, jangan panik! Belum tentu smartphone kamu rusak, kadang-kadang kamu cuma harus melakukan beberapa trik tertentu untuk menghidupkan HP kesayangan kamu. Berikut tips trik nya.

1. Charge Smartphone Kamu

Coba lakukan pengisian daya, jangan langsung dinyalakan. Biarkan selama beberapa waktu, agar baterai ponsel terisi hingga sekitar 15-20 menit. Baru setelah itu tekan tombol Power untuk mencoba menyalakan kembali, jika tidak berhasil lanjut ke trik berikutnya.

2. Lepaskan Baterai

Terkadang masalahnya adalah sedikit serius daripada baterai lowbat, misalnya smartphone kamu terjebak dalam proses booting yang tiada henti atau karena bootloop. Trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepas baterai. Untuk baterai yang menyatu dalam body, produsen biasanya menyediakan sebuah tombol khusus. Untuk secara paksa mematikan daya ponsel ketika keadaan darurat atau tekan tombol Power agak lama (20-30 detik).

3. Layar Hitam

Smartphone tentunya sering kita kantongi di saku celana yang sempit atau dibawa tidur. Kita tak tahu, pas tidur mungkin ponsel tertekan oleh badan kita. Jika ketika bangun kamu temukan HP kamu dalam keadaan mati atau brick, namun ketika ditekan tombol Power bergetar tapi layar hanya gelap. Artinya, layar smartphone kamu mungkin memang bermasalah pada layarnya dan harus dibawa ke service center. Nah pastikan kalau kamu tidur, letakkanlah ponsel di tempat yang aman.

4. Lakukan Factory Reset dari Recovery Mode

Jika smartphone kamu kadang nyala, kadang terjebak dalam booting ataupun nyala dan kemudian mati lagi. Mungkin masalahnya terletak pada perangkat lunak, hal ini bisa terjadi setelah kamu melakukan update Android ke versi baru atau menggunakan custom ROM dan melakukan beberapa tweak sistem.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus coba melakukan factory reset melalui recovery mode yang akan menghapus semua data dalam ponsel dan kembali layaknya baru. Pastikan kamu sudah melakukan back up data-data penting, metode ini harus dilakukan jika memang smartphone sudah tidak stabil.

5. Mungkin Memang Rusak

Harusnya trik-trik di atas dapat membuat smartphone kamu akan kembali normal. Jika masih ada yang tidak beres atau mungkin masih tidak menyala, berarti mungkin saja hardware smartphone kamu yang bermasalah atau rusak. Kalau masih garansi kamu harus mempertimbangkan untuk klaim garansi ke service center atau beli smartphone baru/bekas jika sudah tidak garansi dan biaya perbaikannya terlalu mahal.

(Sholikati Rieza | barugadget.com).

Share