Spesifikasi Nokia D1C Terungkap, Usung Snapdragon 430 RAM 3GB


www.barugadget.com | Mungkin sebagian dari kalian semua sudah melupakan nama vendor Nokia, dan menganggapnya sebagai legenda. Bahkan, kisah perjalanan vendor ponsel asal Finlandia ini bisa diwujudkan dalam sebuah cerita dongeng lho, walaupun endingnya menyedihkan. Salah satu sebabnya, mereka tidak cepat beradaptasi seperti produsen ponsel lainnya yang saat itu segera berpindah ke platform yang lebih populer, Android.

Namun jika ada kutipan yang menyebutkan, jika endingnya menyedihkan, maka itu bukanlah akhir dari segalanya, sepertinya ada benarnya juga. Meskipun divisi ponsel Nokia telah diakuisisi Microsoft tahun 2014 lalu, Nokia masih memiliki hak atas namanya yang sudah cukup beken, dan akhir Mei 2016 lalu mereka yang kini menggunakan induk HMD global di Finlandia, mengumumkan akan meneruskan merk Nokia dalam bentuk smartphone dan tablet baru, yang menggunakan operating system (OS) Android.

Rencananya, Android Nokia diumumkan sebelum tahun 2016 berakhir, dan mulai dijual awal tahun 2017 mendatang. Namun awal Oktober 2016 kemarin sudah ada bocoran dalam bentuk data hasil benchmark, yang jelas menampilkan konfigurasi hardware-nya. Sebelumnya disebutkan jika dua diantara tiga smartphone yang akan ditawarkan termasuk kelas premium, yang langsung menjalankan Android 7.0 Nougat. Salah satunya yang bernama Nokia D1C, Beberapa spesifikasi kunci pun terungkap, yakni penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 430 sebagai dapur pacu utamanya. Sayangnya, hingga kini belum ada informasi mengenai kapan Nokia D1C akan dirilis ke pasar.

Nokia D1C

Nokia D1C

Berdasarkan informasi dari benchmark AnTuTu, Nokia D1C ini akan mengusung layar sentuh berukuran 5 atau 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p atau 1920 x 1080 piksel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan 401 piksel per inci. Smartphone menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat terbaru.

Performa yang dihasilkan oleh Nokia D1C ini cukup bersaing dengan mengandalkan dukungan dari chipset Qualcomm Snapdragon 430 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A53 64-bit octa-core berkecepatan 1,4GHz yang dipadukan dengan pengolah grafis dari Adreno 505 dan didukung oleh memori RAM sebesar 3GB, seperti yang dilansir dari GSM Arena (09/10/2016).

Sisi kamera, kemungkinan Nokia D1C ini akan didukung oleh kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel dengan sensor BSI didukung fitur phase-detection autofokus lengkap dengan hadirnya LED flash. Sama seperti pesaingnya, Nokia D1C kemungkinan juga diperkuat dengan kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel fixed focus untuk foto selfie.

Ponsel Nokia D1C ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 32GB yang kemungkinan didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Namun, informasi di atas sudah jelas bahwa Nokia D1C ini bukanlah ponsel kelas atas. Spesifikasi lain yang diusung oleh smartphone ini tentunya tak jauh dari para pesaing yang sudah lebih dulu beredar di pasaran.

(Sholikati Reza | barugadget.com).

Share