Tips Jitu Bikin HP Android RAM 1 GB Tetap Ringan


www.barugadget.com | Seperti kamu ketahui, RAM smartphone Android kini sudah tembus hingga 6 GB. Tapi tidak jarang sekarang pun masih ada Android murah yang menggunakan RAM 1 GB, sehingga kadang nge-lag. Jika kamu memiliki Android murah dengan RAM 1 GB, barugadget.com akan berikan cara bikin android dengan RAM 1 GB tidak lag. Tapi sebenarnya tips ini bisa kamu gunakan juga di Android dengan RAM tinggi sekalipun, agar performanya semakin cepat.

Tips Bikin HP Android RAM 1 GB Tetap Ringan

Cara Bikin HP Android RAM 1 GB Tetap Ringan dan Ngebut!

1. Root HP Android Kamu!

Yap, hal inilah yang pertama kali harus kamu lakukan. Dengan melakukan root Android, kamu akan memiliki akses tak terbatas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak segala hal yang terdapat dalam sistem Android di HP milikmu. Jadi, nggak usah ragu untuk nge-root HP Android kamu !

2. Buang Semua Aplikasi Bawaan “Bloatware” yang Tidak Kamu Perlukan!

Di HP Android kamu pasti terdapat banyak aplikasi bawaan yang ter-install sejak pertama kali kamu membeli HP Android tersebut. Berbagai aplikasi tersebut biasanya tidak bisa dihapus atau di-uninstall. Bahkan ada juga yang tidak bisa di-disable. Selain bikin memori internal HP Android kamu jadi makin penuh, aplikasi bawaan ini juga seringkali menguras RAM karena berjalan tanpa kita ketahui.

3. Gunakan HP Android Kamu Seperlunya

Dengan kapasitas RAM yang terbatas, artinya kamu nggak bisa melakukan terlalu banyak aktivitas di HP Android kamu (multi-tasking) dalam satu waktu. Kamu juga nggak bisa membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Makanya, kamu harus pintar-pintar mengelola aktivitas di HP Android kamu.

4. Tambah RAM Kamu

Kamu bisa bikin RAM HP Android kamu jadi lebih lega dan ringan. Sehingga kamu tetap bisa melakukan berbagai aktivitas di HP Android kamu dengan lancar.

5. Ganti Launcher Bawaan HP Android Kamu!

Launcher bawaan HP Android seperti TouchWiz UI dari Samsung atau ZenUI dari ASUS memang memiliki banyak fitur. Tapi launcher bawaan HP Android ini biasanya juga memakan banyak RAM. Supaya nggak berat, ada baiknya kamu menggantinya dengan launcher yang lebih ringan.

(Livikava | barugadget.com).

Share