Tips Jitu Blokir Iklan di Aplikasi YouTube Android


www.barugadget.com | Bagi Anda penggemar aplikasi youtube di android, mungkin bahasan pada artikel yang kami sajikan kali ini kan bermanfaat untuk Anda. Tentu saja Anda sudah sangat akrab dengan adanya ads atau iklan yang muncul pada awal atau di tengah-tengah video yang sedang kita putar. Walau pun kebanyakan dari iklan tersebut mengganggu aktivitas kita yang sedang memutar video, namun ada kalanya juga iklan tersebut menampilkan konten yang bagus atau menarik untuk kita tonton terus hingga iklan tersebut berakhir. Sebenarnya iklan tersebut akan otomatis menyesuaikan history dari browser yang Anda gunakan. Sehingga akan menampilkan iklan dengan tema sesuai dengan yang sering Anda kunjungi menggunakan browser.

Memblokir Iklan di Aplikasi YouTube

Memblokir Iklan di Aplikasi YouTube

Tidak hanya pada aplikasi youtube android saja iklan-iklan tersebut akan tampil, namun juga apabila kita menggunakan browser hp android seperti chrome, iklan tersebut juga akan tampil. Terdapat dua jenis iklan pada video youtube yang sering kita temui. Yakni iklan dengan durasi sekitar 15 detik yang harus kita tonton, atau iklan yang memiliki durasi panjang namun terdapat tombol untuk skip iklan youtube tersebut di bagian pojok bawah. Walau pun untuk iklan yang berdurasi hanya 15 detik tersebut harus kita tonton hingga akhir, namun tetap saja akan membuat kita merasa tidak nyaman untuk menikmati video yang kita tonton.

Untuk itu pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan tentang cara mudah blok semua jenis iklan youtube di android. Tentu saja cara blok iklan tersebut menggunakan sebuah aplikasi add block yang harus Anda instal terlebih dahulu. Namun cara ini tidak bisa diterapkan untuk blokir iklan di aplikasi facebook. Untuk lebih jelasnya berikut dapat Anda simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Download APK yang Sesuai Dengan Tipe Gadget

Kini kita tahu nilai DPI dan jenis prosesor dan sekarang saatnya mengunduh modifikasi YouTube APK di bawah ini dengan tipe yang sesuai dengan spesifikasi gadget yang kita miliki.

ARM64 Devices (Any DPI)
ARM Devices (240 DPI)
ARM Devices (320 DPI)
ARM Devices (480 DPI)
x86 Devices (480 DPI)

1

Catatan: versi lain dari aplikasi di atas bisa kalian unduh di website developernya.

2. Hapus Aplikasi YouTube yang Sebelumnya

Sebelum menghapus aplikasi YouTube yang sebelumnya, alangkah baiknya jika di-backup terlebih dahulu menggunakan aplikasi Titanium Backup. Cukup dengan melakukan satu klik tombol “Backup”, pilih aplikasi YouTube. Setelah proses backup selesai, kini kita dapat menghapus aplikasi YouTube tersebut seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

2

3. Buat Folder “YouTube” di Dalam Partisi Sistem

Selanjutnya, gunakan file explorer kesayangan untuk membuat folder yang berada di dalam direktori /system/app. Dari sini kita dapat membuat folder baru dengan diberi nama “YouTube” seperti pada gambar di bawah.

3

Kemudian setelah folder sukses dibuat, tekan dengan lama folder tersebut hingga muncul menu pop-up permission. Centang pilihan Read, Write, dan Execute seperti tertera pada gambar, dan pastikan nilai permission octal terdapat angka 0755.

4

4. Salin APK yang Sudah Diunduh ke Dalam New Folder Lalu Reboot

Langkah terakhir adalah dengan menyalin file APK yang telah kita dapatkan pada langkah kedua di atas ke dalam folder YouTube yang sudah dibuat. Kemudian proses terakhir adalah melakukan reboot pada gadget.

5

Selanjutnya, silakan nikmati video YouTube tanpa iklan.

6

Kelemahan menggunakan cara ini adalah kita tidak dapat menikmati perubahan update aplikasi YouTube langsung melalui Google Play Store. Namun jangan khawatir, karena kita tetap dapat menikmati versi latest update tersebut melalui developer website pembuatnya. Cara updatenya sangat mudah, cukup dengan unduh versi terakhir, kemudian replace APK sebelumnya yang berada pada direktori /System/app/YouTube dengan file APK yang baru.

(Manda | barugadget.com).

Share