5 Tips Mencegah Aplikasi Virus Di Smartphone Android


Cara Mencegah Aplikasi Virus Android – Barugadget.com – Smartphone android bisa juga terserang virus, walau sangat jarang terjadi. Biasanya sih virus itu masuk setelah kita menginstall suatu aplikasi baik game maupun tools yang disusupi malware sehingga menjadikan android kita jadi ’senewen’ alias tidak bekerja dengan maksimal. Biasanya ditandai dengan respon yang lambat, tiba-tiba hank dan kadang mau padam dengan sendirinya dan harus dihidupkan dari awal, dengan cara menekan tombol power dengan waktu yang agak lama baru mau hidup lagi.

cara-mencegah-virus-di-smartphone-androidJika tanda-tanda ini sudah ada di android kita, caranya sangat gampang. Tidak usah dibawa ke servis center karena akan menyita waktu kita, kadang juga kena “charge” atau biaya tambahan. Kadang kalau mereka sibuk banyak “pasien” malah gadget kita disuruh ditinggal dan belum tahu kapan bisa selesai.

Namun anda jangan takut karena kali ini Admin akan berbagi info sedikit cara mengenali aplikasi Android yang berbahaya.

Simak cara menaggulangi aplikasi Android yang Berbahaya berikut:

Pasang Anti Virus

Walaupun banyak orang beranggapan cara ini tidak ampuh namun tidak salahnya anda coba.  Lengkapi ponsel anda dengan sistem keamanan, sekarang banyak pengembang anti virus yang menghasilkan produk gratis dan lumayan untuk mencegah yang namanya malware.

Cek Rating atau Reputasi Aplikasi

Saking cerdasnya para cyber, mereka dapat menginjeksi aplikasi yang asli dengan malware dan lalu di publikasikan lagi.  Sebelum anda download lebih baik anda liat ratingnya, semakin tinggi rating berarti aplikasi tersebut sudah dipercaya oleh banyak orang.

Cek Review/ulasan di Internet

Sebelum anda install aplikasi lebih baik anda liat review aplikasi tersebut.  Lakukan review lebih dari 3 sumber dan lihat testimoni/komentar para pemakainya agar keabsahan aplikasi itu benar-benar asli dan tidak berbahaya.

Cek App Permission

Sebelum diinstal, aplikasi akan meminta hak akses (permission) ke hardware dan software perangkat Anda, seperti daftar kontak, lokasi, koneksi internet, dan sebagainya.

Download dari situs yang terkenal dan terpercaya

Saat ini situs yang menyediakan aplikasi dan game Android yang legal adalah di Market Android dan Google Android Market, sebelum di download liat review dan komentar dari aplikasi.

Share