Apa Saja Manfaat AI Pada Koleksi Foto Smartphone ?


www.barugadget.com | Beberapa lini smartphone yang dirilis tahun 2017 lalu telah dipercanggih oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence ( AI) pada hardware dan software-nya. Sebut saja deretan flagship seperti Samsung Galaxy S8, Google Pixel, seri Huawei Mate, atau iPhone X. Tak hanya hadir di kelas high-end tapi AI juga membumi di smartphone kelas menengah seperti duo Vivo V7, Oppo F5, Oppo F7.

Beberapa teknologi AI banyak tersemat di smartphone keluaran tahun 2017, seperti facial recognition biometrics, augmented reality, machine learning, dan sebagainya. Nampakya, teren AI di smartphone akan terus berkembang pada 2018 ini. Sebelum ada teknologi AI, mungkin pengguna mencari foto berdasarkan kronologi waktu, sehingga mencari satu foto dari 10.000 foto yang ada, pasti sulit.

Bukan hanya pada kemera, teknologi AI di OPPO F7 juga diterapkan pada koleksi album foto. Pada OPPO F7, folder galeri akan menampilkan seluruh image yang dibedakan dalam empat kategori koleksi foto: Moment, Lokasi, Wajah, dan Tema. Dengan pengkategorian itu, pengguna bisa langsung menampilkan seluruh image ketika mencari foto saat liburan ke Bali, atau koleksi foto moment-moment tahun baru, Lebaran, atau launching event. Serta, pengguna bisa menampilkan foto-foto berdasarkan wajah.

Lalu, apa saja guna AI yang ada di smartphone ? Simak dibawah ini.

1. Buat Video Otomatis

Guna menjahit foto menjadi sebuah video, biasanya pengguna smartphone perlu menginstal aplikasi edit video. Namun tidak perlu kalau Anda menggunakan OPPO F7. Karena bukan sekadar mengenali foto, teknologi AI di OPPO F7 kian diperluas, salah satunya untuk membuat video otomatis.

Dengan fitur bernama Memories, OPPO F7 akan memilih foto secara otomatis berdasarkan tema, kemudian menjahitnya menjadi satu video. Setelah dijahit, pengguna bisa menambahkan backsound, title, dan efek transisi secara otomatis.

2. Kategori People

Dengan teknologi AI di OPPO F7, smartphone bisa mengenali wajah di tiap foto. Di galeri foto, cukup klik pada satu wajah, maka semua foto yang ada wajah itu akan muncul.

Kategori wajah akan sangat berguna bagi seseorang misalnya baru saja putus sama pacar. Cukup klik wajahnya, maka semua foto dia akan muncul, lalu bisa pilih semua, klik hapus, dan move on.

Jadi pengguna tidak perlu membuat folder atau memberi tag. Semakin banyak koleksi foto, maka semakin banyak sub kategori yang muncul. Misalnya koleksi foto pemandangan, makanan, hewan peliharaan, mobil, bangunan, dan lain sebagainya.

3. Hapus Foto Tidak Perlu

Saking banyaknya foto yang tersimpan terkadang membuat pengguna semakin malas “merapikannya”. Nah, pengguna OPPO F7 semakin dimudahkan dalam mengelola foto yang ada. Lagi-lagi karena AI, smartphone bisa merapikan album foto dengan cara menghapus foto-foto yang tidak perlu.

Contohnya foto-foto yang sama (double), atau foto yang blur. Interface OPPO F7 akan menampilkan satu foto yang bagus dan menyandingkannya dengan foto-foto yang blur atau foto-foto yang sama, dan menyarankan pengguna untuk menghapus foto-foto yang sebenarnya tidak perlu disimpan di dalam smartphone.

Share