Apa Saja Yang Bisa Membuat Smartphone bisa Meledak


www.barugadget.com | Smartphone bisa saja memiliki fitur yang semakin canggih lagi. Termasuk kecanggihan yang terdapat pada perangkat kerasnya. Salah satu contohnya baterai, walaupun benda yang satu ini semakin memiliki kapasitas besar namun besarnya kapasitas juga terkadang tidak sebanding dengan keamanannya. Terbukti dari beberapa kasus meledaknya baterai yang justru dialami oleh smartphone-smartphone terbaru.

Maraknya ponsel meledak belakangan memang membuat banyak pengguna smartphone gempar. Faktornya bisa saja dari perusahaan ataupun pengguna yang memakainya secara tidak teratur. Untuk penyebab lebih lengkapnya. Untuk kamu yang suka main smartphone seharian simak baik-baik ya.

1. Terlalu Sering Charge Smartphone

Saking takutnya kehabisan daya baterai kamu jadi sering charge smartphone bahkan saat dayanya masih banyak. Itu tidak boleh dilakukan, guys! Melakukan charging saat daya baterai masih banyak akan mengurangi usia baterai.

2. Charge Smartphone di Mobil

Jika kamu kerap melakukan charging di mobil pastikan pakai charger yang asli dan berkualitas baik. Karena charger yang jelek atau berkualitas rendah bisa menyebabkan kerusakan elektrik di smartphone kamu.

3. Meletakkan Smartphone di atas Kasur

Pernah terjadi kasus smartphone meledak di atas kasur saat penggunanya tertidur. Sebaiknya ketika akan tidur letakkan smartphone jauh dari tempat kita tidur, dan jangan membiarkannya di charge semalaman.

4. Meletakannya di Kantong Belakang Celana

Tekanan yang didapat smartphone cukup besar dan bisa menekan komponen yang ada di dalamnya. Saat itu terjadi, bisa memicu kerusakan pada smartphone dan membuatnya meledak.

5. Menggunakannya sampai Daya Habis

Sesekali membiarkan daya baterai habis sampai 0 persen memang baik dan bisa memperpanjang umur baterai samrtphone. Tapi kalau melakukannya terlalu sering justru berbahaya untuk kamu. Baterai bisa rusak dan meledak!

6. Membiarkan Smartphone Overheat

Smartphone yang dipaksa bekerja non-stop bisa menimbulkan baterai overheat. Baterai yang terlalu panas bisa jadi salah satu faktor smartphone meledak. Jadi sebaiknya jangan paksa smartphone kamu bekerja tanpa henti, istirahatkan ketika sudah mulai terasa panas.

7. Memainkan Smartphone Saat Proses Charging

Tindakan seperti ini bisa merusak baterai smartphone kamu dengan cepat. Proses charging akan menimbulkan suhu yang tinggi pada smartphone kamu. Jika kamu menambah kerja smartphone dengan memainkannya maka bebannya akan bertambah dan bisa memicu overheat yang berbahaya.

8. Pakai Charger Sembarangan

Menggunakan charger dari produk lain seperti tablet, smartphone dengan tipe baterai berbeda, ataupun menggunakan charger KW bisa berbahaya untuk baterai smartphone kamu. Setiap HP memiliki spesifikasi baterai dan chargernya tersendiri.

Jadi pastikan kamu selalu menggunakan charger asli dari produsen smartphone kamu. Kalaupun mau beli charger baru pastikan spesifikasinya seperti ampere dan tegangan yang dihasilkan cocok dengan baterai smartphone kamu.

Share