• Home »
  • General »
  • Aplikasi Tik Tok Sudah Dapat di Akses Kembali, Ini Janji Tik Tok ke Kominfo

Aplikasi Tik Tok Sudah Dapat di Akses Kembali, Ini Janji Tik Tok ke Kominfo


www.barugadgeyt.com | Tik Tok dan penggunanya akhirnya bisa bernafas lega setelah seminggu diblokir oleh Kominfo terkait adanya konten negatif. Kini aplikasi Tik Tok sudah dibuka blokirnya dan masyarakat kini sudah bisa mengaksesnya kembali. Pembukaan blokir Tik Tok ini tak lepas dari langkah cepatnya menemui Kominfo dan berjanji membersihkan konten negatif. Informasi ini diperkuat dengan pernyataan dari petinggi Kominfo.

Lalu janji apa saja yang diungkapkan oleh Tik Tok ke Kominfo? Aplikasi Tik Tok ini berjanji akan membersihkan konten negatif yang ada di platformnya dan menilai bahwa pasar Indonesia cukup penting dan potensial. Tik Tok juga kabarnya akan mengembangkan teknologi berbasis AI untuk melakukan filter konten negatif di platformnya. Hal inilah yang membuat blokir aplikasi Tik Tok dicabut.

“Per tadi siang, mereka sudah memberikan surat komitmen, jadi kami langsung buka. Mereka serius untuk melihat potensi pasar di Indonesia. Ada beberapa hal yang mereka sudah lakukan, seperti membersihkan konten negatif.”

“Mereka berjanji mengembangkan sistem dengan teknologi AI (artificial intelligence) untuk membatu mem-filter konten. Mereka juga akan merekrut karyawan Indonesia sampai 200 karyawan untuk mengawasi konten. Untuk government channel, kalau kita ada komplain langsung diterima Tik Tok, bukan ke customer care mereka. Itu dilakukan juga oleh Facebook, Twitter, dan YouTube,” kata Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

Seperti yang kita ketahui, Tik Tok memang saat ini sedang naik daun dan digemari kawula muda tanah air, terutama remaja. Popularitas Tik Tok ini melahirkan artis dadakan yang penuh kontroversi, yakni Bowo Alpenliebe. Tak hanya itu, Tik Tok juga banyak terdapat konten negatif, sehingga banyak dilaporkan masyarakat.

Adanya konten negatif ini mendoromg Kominfo untuk memblokir Tik Tok pada 3 Juli 2018 lalu. Kominfo mengatakan bahwa pemblokiran aplikasi Tik Tok ini sudah sesuai dengan prosedur. Kominfo mengatakan telah menerima banyak aduan dari masyarakat mengenai aplikasi Tik Tok. Tak kurang dari 2800 aduan dari masyarakat terkait Tik Tok ini.

Share