• Home »
  • Android »
  • Bingung Mau Mengecek Spesifikasi Hp ? Ini Cara Mudah Untuk Mengeceknya

Bingung Mau Mengecek Spesifikasi Hp ? Ini Cara Mudah Untuk Mengeceknya


www.barugadget.com | Sistem operasi OS Android merupakan yang paling digemari di Indonesia ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah memiliki ribuan aplikasi yang dapat dijalankan di OS yang satu ini. Baik di Google Play maupun source lainnya. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya developer android yang selalu mencoba terus berinovasi dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi Android.

Cek Spesifikasi HP

Cek Spesifikasi HP

Disaat kamu membeli HP Android,hal pertama yang diperhatikan pasti spesifikasi dari HP tersebut kan? Apakah memenuhi keinginan kita dan bisa menjalankan berbagai macam task yang ingin kita kerjakan.

Namun, mungkin banyak pengguna Android yang masih bingung bagaimana cara mengecek spesifikasi di smartphone-nya. Kali ini, barugadget.com akan membagikan cara mengecek spesifikasi HP kamu dengan mudah.

1. CPU-Z

CPU-Z adalah salah satu aplikasi terbaik untuk menampilkan spesifikasi HP Android””. Selain menampilkan jeroan HP kamu secara lengkap, aplikasi ini juga mempunyai tampilan yang rapi dengan **membedakan beberapa kategori informasi spesifikasi HP kamu. Klik disini untuk mendownloadnya.

2. Droid Hardware Info

Sama seperti aplikasi di atas sebelumnya, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi HP kamu secera lengkap. Kamu akan mendapatkan informasi mengenai perangkat, sistem, memori, kamera, suhu, baterai, dan sensor. Kerennya lagi, kamu bisa mengekspor informasi mengenai HP kamu dalam bentuk laporan PDF. Klik disini untuk mendownloadnya.

3. Aida64

Bisa dibilang aplikasi untuk mengecek spesifikasi HP yang satu ini dibuat untuk para ahli. Karena, Aida64 mempunyai informasi yang cukup lengkap, mulai dari hardware hingga software. Jadi, buat kamu yang ingin mengetahui informasi secara mendalam tentang HP kamu, aplikasi ini cocok banget untuk kamu instal. Klik disini untuk mendownloadnya.

4. CPU / RAM / Device Identifier

Selain mengecek spesifikasi smartphone kamu, aplikasi ini juga akan menjelaskan informasi dari spesifikasi itu sendiri, seperti informasi mengenai CPU yang digunakan oleh smartphone kamu. Jadi, pastinya aplikasi ini sangat informatif untuk kamu yang ingin belajar lebih mendalam tentang jeroan HP. Klik disini untuk mendownloadnya.

5. AnTuTu Benchmark

Aplikasi yang terakhir dan paling populer adalah AnTuTu Benchmark karena dapat menampilkan spesifikasi secara lengkap. Selain itu, tersedia fitur di mana kamu dapat mengetes HP kamu untuk melihat skor kinerjanya dan membandingkannya dengan HP lainnya. Klik disini untuk mendownloadnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Mengenai Hardware Smartphone

Setelah kamu melihat spesifikasi HP kamu lewat aplikasi di atas, apa aja sih hal yang perlu kamu perhatikan di dalam informasi tersebut?

1. RAM

RAM-lah yang sering kali dianggap sebagai tolak ukur kekuatan suatu smartphone. Kebanyakan orang akan berpikir semakin besar RAM, maka semakin bagus HP-nya.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa faktor yang dapat menentukan apakah RAM di HP kamu terbaik atau bukan, yaitu jenis RAM, konfigurasi RAM, dan frekuensi RAM. Nah, buat informasi lebih lanjutnya mengenai spesifikasi alias jeroan smartphone, kamu bisa baca artikel JT yang ada di bawah ini nih, guys.

2. Prosesor

Prosesor atau CPU sendiri sering disebut-sebut otak dari HP kamu karena melakukan bertugas untuk menjalankan proses dan pengendali kerja HP kamu. Semakin banyak jumlah core prosesor, pekerjaan yang dilakukan dapat dibagikan ke core yang lainnya secara merata dan terasa lebih ringan. Namun, semua kembali lagi ke kecepatan core masing-masing yang dilambangkan dengan HZ alias Hertz.

3. GPU (Graphical Processing Unit)

GPU sendiri adalah sebuah prosesor khusus untuk bagian grafis 3D dari microprocessor. Kekuatan GPU sendiri ditentukan oleh frekuensi MHZ (mega Hertz), GFLOPS (Floating Point), Direct X, Open GL ES, Open CL, dan lainnya.

4. Layar

Pada informasi screen atau layar, pasti ada informasi mengenai resolusi layar pada HP kamu, seperti 240 x 320, 640 x 480, dan seterusnya. Angka-angka tersebut menggambarkan berapa jumlah piksel dalam layar tersebut. Semakin besar, pastinya layar HP kamu akan semakin cerah.

Share