Cara Mudah Merekam Layar HP Android & iPhone


www.barugadget.com | Saat ini di dunia banyak sekali orang yang menggunakan hp android. Mereka menggunakan android tidak hanya sebagai alat komunikasi, membuka sosial media, browsing internet, bermain game, namun juga untuk mengerjakan pekerjaan sekolah dan kantor, semuanya dapat dipermudah melalui penggunaan hp android tersebut.

Terkadang seseorang membutuhkan rekaman dari layar hp android mereka, dikarenakan mereka ingin merekam aktivitas untuk ditampilkan atau juga sebagai alat bukti apa saja kegiatan yang dilakukan seseorang dengan menggunakan hp android mereka, terutama untuk orang tua kepada anaknya. Tapi pernah bingung nggak, bagaimana sih cara merekam layar HP menggunakan aplikasi ini? Berikut kami mengulas selengkapnya khusus buat kamu.

Cara Mudah Merekam Layar HP Android & iPhone

Berikut ini akan kita bahas mengenai beberapa cara yang bisa melakukan perekaman layar hp android & iPhone dengan bagus.

Cara Merekam Layar HP Android Tanpa Root

Saat ini kamu nggak perlu melakukan root untuk sekadar merekam aktivitas di atas layar. Ada berbagai aplikasi perekam layar Android maupun kustomisasi bawaan untuk melakukannya loh.

Berikut adalah ulasan Jaka untuk cara merekam layar HP Android, khususnya menggunakan aplikai AZ Screen Recorder. Yuk simak!

  1. Jika kamu belum memiliki aplikasi AZ Screen Recorder, kamu bisa langsung mengunduh dan install pada tautan berikut –> Download
  2. Lalu tap ikon aplikasi AZ Screen Recorder yang sudah terinstall sampai muncul ikon perekam pada bar notifikasi. Akan muncul juga floating icon, tap lalu pilih Setelan.
  3. Pada menu Setelan, kamu bisa memilih pengaturan resolusi video, bitrate, frame per second dan lainnya.
  4. Kalau sudah, kamu bisa kembali ke tampilan layar awal dan tap ikon Recorder hingga muncul countdown pada layar HP Android.
  5. Sekarang kamu tinggal melakukan perekaman pada layar HP Android kamu. Jika sudah selesai, tarik bar notifikasi dan tap Stop untuk menghentikan video.
  6. Terakhir untuk kamu yang hendak memindahkan video ke PC/laptop, kamu tinggal pergi ke penyimpanan internal dan cari folder bernama AzRecorderFree untuk mencari video yang tadi kamu rekam.

Cara Merekam Layar iPhone Tanpa Jailbreak

Berbeda dengan Android, iPhone yang sudah dibekali dengan sistem operasi iOS terbaru sudah memiliki aplikasi perekam layar sendiri tanpa perlu mengunduh melaui Apps Store maupun jailbreak.

Nah untuk cara selengkapnya, yuk cek cara merekam layar iPhone di bawah ini.

  1. Untuk menampilkan aplikasi perekam layar pada iPhone, pertama kali kamu pergi ke Settings lalu pilih menu Control Center.
  2. Lalu pada laman Control Center, kamu tinggal menambahkan opsi Screen Recording dengan mengetuk ikon plus berwarna hijau sampai pindah ke posisi atas.
  3. Kembali ke halaman utama lalu geser ke atas untuk menampilkan Control Center. Tap pada ikon Screen Recording.
  4. Ketika Screen Recording aktif maka ikon akan berwarna merah dan juga ditandai dengan notification bar berwarna sama. Jika sudah selesai merekam, buka Control Center kembali dan nonaktifkan Screen Recording.
  5. Untuk melihat hasil rekaman, kamu tinggal pergi ke Photos dan buka Camera Roll untuk menonton maupun membagikannya.
Share