Deretan Aplikasi Coding Untuk Smartphone (Android/iOS)


www.barugadget.com | Pada era modern saat ini ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari untuk menjadi seorang programmer. Mulai dari pemrograman desktop, web, mobile, dan lain-lain. Bahkan seiring perkembangan jaman, banyak bahasa pemrograman baru yang bermunculan.

Untuk menjadi seorang web developer, minimal kita harus menguasai bahasa HTML yang merupakan kerangka web, CSS untuk desain tampilan web, JavaScript untuk membuat web dinamis, setelah itu lanjut ke bahasa pemrograman web murni PHP dan lain-lain.

Beruntung saat ini banyak aplikasi android untuk belajar coding yang bisa kita gunakan secara gratis. Sehingga belajar bahasa pemrograman bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tak peduli apakah kamu seorang programmer mahir atau pemula, karena materi pembahasannya cukup lengkap, kamu akan dilatih mulai dari dasar hingga mahir.

Kumpulan Aplikasi Belajar Coding Dari Smartphone

1. Udacity

Aplikasi belajar Coding ini dibuat oleh Udacity. Udacity menawarkan beragam materi pembelajaran yang berbeda dari aplikasi lainnya, antara lain:

Android
Data Analytics
Data Science
Georgia Tech Masters in CS
iOS
Machine Learning
Mobile App Development
Non-Tech
Software Engineering
Virtual Reality
Web Development

Klik disini untuk mengunduhnya

2. Pocket Code

Aplikasi belajar pemrograman ini dibuat leh Catrobat. Catrobat mengajarkan materi pemrograman untuk anak-anak hingga remaja. Proses pembelajar terbilang menyenangkan dengan menggunakan game interaktif.

Klik disini untuk mengunduhnya

3. Encode: Learn to Code

Aplikasi belajar Coding ini dibuat oleh Upskew Pty. Ltd. Meski bahasa pemrograman yang bisa dipelajari tidak terlalu banyak, kamu tetap bisa mempelajari JavaScript, HTML, dan CSS langsung dari smartphone dengan aplikasi berikut ini.

Klik disini untuk mengunduhnya

4. SoloLearn

SoloLearn adalah sebuah aplikasi Android, iOS, Windows Phone dan Web yang dibuat oleh SoloLearn. Disini kamu akan membelajar berbagai jenis bahasa pemrograman, mulai dari HTML, CSS, JavaScript, PHP, C++, Python, Java, C#, SQL, Swift, dan Ruby.

Untuk kamu yang pemula tidak perlu khawatir, karna SoloLearn akan membimbingmu dari awal hingga kamu menjadi ahli dengan berbagai metode khusus.

Klik disini untuk mengunduhnya

5. Programming Hub

Selanjutny ada Programming Hub. Aplikasi belajar bahasa pemrograman ini dibuat oleh Nexino Labs Pvt Ltd. Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran untuk 18 bahasa pemrograman berbeda, seperti: C, C++, Java, HTML, JavaScript, R Programming, CSS, VB.net, C# (C Sharp), Python 2.7, Python 3, Linux Shell Scripting, R Programming, Swift, SQL, Jquery, Assembly 8086.

Klik disini untuk mengunduhnya

Share