File Whatsapp Anda Terhapus ? Ini Cara Mudah Untuk Mengembalikan


www.barugadget.com | Belum sempat disimpan tapi foto atau video yang ada di chat WhatsApp sudah terhapus. Hal ini tentu kadang menyebalkan apalagi jika kita masih membutuhkan file foto dan video tersebut. Biasanya jika file foto yang terhapus atau dihapus dari penyimpanan smartphone, di dalam chat WhatsApp versi lama biasanya hanya akan menampilkan file tersebut dalam keadaan blur atau buram.

Seperti yang dilansir dari Gadget Hacks, ternyata ada cara untuk mengembalikan yang sudah terhapus dari chat WhatsApp. Untuk Anda pengguna smartphone Android, walaupun foto dan terhapus di chat WhatsAppa Anda masih bisa melihat foto tersebut dalam kondisi buram dan ikon unduh masih terlihat.

Mengatasi File Whatsapp yang Terhapus di Smartphone Android

Whatsapp sepertinya sudah paham dengan permasalahan dari para penggunanya ini. Oleh karena itu, Whatsapp punya sistem back-up otomatis yang selalu bekerja tanpa kamu ketahui. Coba saja kamu buka menu Settings > Chats > Chat Backup.

Kamu akan melihat bahwa setiap jam 2 pagi Whatsapp akan membackup semua file kamu ke dalam database. File ini akan tersimpan di smartphone kamu selama 7 hari. Datanya akan terus diupdate, dan hanya menyimpan data dari aktivitas kamu selama 7 hari terakhir.

Cara Mudah Mengembalikan File Whatsapp Terhapus

Untuk mengembalikan file Whatsapp yang terhapus ada satu cara yang sangat mudah dan praktis. Berikut langkah mengembalikan file Whatsapp yang terhapus:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah uninstal aplikasi Whatsapp dari smartphone kamu.
  2. Setelah itu instal kembali aplikasi Whatsapp dan buka aplikasinya. Kamu akan memulai proses dari awal, di halaman awal tap saja Agree and Continue.
  3. Selanjutnya, proses verifikasi nomor telepon. Masukkan nomor HP yang kamu gunakan untuk akun Whatsapp. Jika sudah tap Next, dan akan muncul pop-up konfirmasi pilih OK.
  4. Untuk verifikasi nomor ini Whatsapp akan mengirim kode OTP ke nomor telepon kamu. Tunggu saja sampai prosesnya selesai, karena ini akan berjalan otomatis.
  5. Setelah proses verifikasi selesai, Whatsapp akan mendeteksi apakah di HP kamu tersimpan file back-up. Jika ada maka akan muncul halaman Restore Backup seperti gambar di bawah. Maka kamu pilih Restore.
  6. Tunggu hingga proses restore selesai, jika sudah tap Next untuk melanjutkan langkah mengembalikan file Whatsapp yang terhapus.
  7. Langkah terakhir adalah Whatsapp akan menampilkan foto serta nama profile kamu. Kamu bisa mengubah atau lanjut dengan tap Next.

Tunggu hingga proses loading selesai dan kamu akan masuk ke ruang chat Whatsapp. Semua data termasuk foto, video, chat, dan rekaman suara akan kembali ke aplikasi Whatsapp kamu.

Share