Gak Cuma Lewat AdSense Doang ! Ini Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Youtube


www.barugadget.com | Jika Anda sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet. Dan kita juga bisa menonton video yang di-unggah orang lain ke YouTube secara gratis.

Pengguna YouTube sering menghabiskan banyak waktu di depan layar monitor untuk menonton video-video unik dan menarik yang diunggah oleh para pengguna YouTube dari seluruh dunia. Situs ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu penghasil uang yang cukup populer.

Seperti prinsip bisnis yang kita ketahui selama ini, di mana ada keramaian maka di sana akan ada banyak uang atau potensi keuntungan. Dan memang benar, sekarang ini ada banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube. Bahkan ada orang yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari video yang mereka unggah ke YouTube.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube, dan dari manakah uang tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube dengan AdSense

Banyak langkah yang mesti kamu persiapkan sebelum mengikuti program YouTube untuk memonetisasi konten yang dibuat oleh para content creator lewat AdSense.

Pertama kali tentu kamu harus membuat channel YouTube sendiri dan memulai untuk mempersiapkan serta menayangkan konten-konten video yang menarik banyak penonton dan pengikut.

Nah pada saat awal memulai channel YouTube kamu nggak akan langsung bisa menikmati uang yang dihasilkan YouTube AdSense melalui skema monetisasi.

Kamu pun harus mengumpulkan sejumlah pengikut (subscribers), penonton (viewers) dan ketentuan beserta syarat mendapatkan YouTube AdSense lainnya di bawah ini.

Syarat Mendapatkan YouTube AdSense

YouTube Partner Program (YPP) memungkinkan para content creator memonetisasi konten video yang mereka tayangkan dan menghasilkan uang dari YouTube lewat iklan yang ditayangkan pada video mereka.

Namun sayangnya buat kamu yang baru saja membangun channel, YouTube telah mengubah peraturan program ini menjadi agak sedikit ribet nih.

Per tanggal 16 Januari 2018 lalu, YouTube mengharuskan sebuah channel yang hendak dimonetisasi dengan AdSense harus mencapai 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dengan memiliki 1.000 subscriber atau lebih untuk selanjutnya ditinjau kelayakannya secara manual.

Jadi buat kamu yang masih mau serius mendapatkan uang dari YouTube AdSense coba baca panduannya di blog resmi Google ya.

Alternatif Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Walau akun AdSense kamu sudah disetujui, bukan berarti kamu bisa mengandalkan penghasilan sepenuhnya dari sini. Nah selain AdSense nyatanya masih ada beberapa alternatif cara menghasilkan uang dari YouTube lainnya yang bisa kamu praktikkan nih.

  1. Buat Video yang Banyak Disukai, pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan banyak subscribers dan viewers adalah menayangkan video yang banyak disukai para penonton. Kamu bisa membuat video mengenai hal-hal trending yang sedang marak dibicarakan di sosial media atau membuat beberapa tipe video YouTuber seperti yang bisa kamu baca di artikel ini: 5 Video YouTube yang Paling Bisa Menghasilkan Uang!
  2. Affiliate Marketing, Lalu kamu bisa melakukan affiliate marketing dengan menjual produk dari e-commerce tertentu dengan tautan yang sudah terhubung dengan akun kamu sebelumnya. Di sini kamu bisa bekerja sama dengan sejumlah e-commerce yang membuka layanan afiliasi seperti Banggood atau Gearbest hingga Lazada, Blibli dan Bhinneka untuk e-commerce Tanah Air. Nah cara ini sangat efektif buat kamu yang memiliki konten video mengenai unboxing dan review barang, seperti smartphone, PC hingga elektronik lainnya guys.
  3. Menjalin Kerja Sama Sponsorship, kamu bisa menjalin kerja sama sponsorship dengan para brand yang berhubungan dengan channel kamu. Langkah ini pula dianggap sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube paling efektif. Kamu bisa mendapatkan barang yang bisa dijadikan konten video dan pemberi sponsor bisa mempromosikan barang yang mereka jual di channel kamu. Sayangnya untuk mendapatkan kerja sama sponsorship, kamu harus memiliki kemampuan negosiasi untuk meyakinkan sponsor menaruh iklan lho.
  4. Berjualan Merchandise, Iklan AdSense nggak akan memberikan 100 persen pendapatan yang sesungguhnya. Di sinilah kamu bisa memanfaatkan basis penggemar yang kamu miliki guys. Kamu bisa saja berjualan merchandise seperti kaos dan barang koleksi lainnya dengan mudah. Apalagi kalau kamu sudah mengetahui caranya seperti pada artikel ini: Cara Bisnis Online Baju Paling Menguntungkan!
  5. Mengadakan Meet n Greet, Jangan anggap negatif dulu soal meet n greet! Bukan sekadar mencari uang dari para pengikut kamu, melainkan juga berbagi ilmu yang bermanfaat untuk mereka guys. Di sini kamu bisa memberikan pengetahuan mulai dari cara membangun channel YouTube atau tutorial vlogging dengan bujet terbatas. Pastinya pengikut kamu bakal rela mengeluarkan sepeser uang jajan mereka untuk hal ini deh.

Tantangan Menjadi YouTuber Saat Ini!

Kamu salah jika berpikiran menjadi YouTuber bakal jadi penghasilan utama nih! Soalnya saat ini ada banyak tantangan untuk menjadi YouTuber, apalagi untuk menghasilkan uang melalui platform ini. Apa saja tantangannya?

1. Jumlah YouTuber Sudah Terlalu Banyak

Sadar nggak sih, saat ini jumlah YouTuber sudah kebanyakan. Dengan konten yang hampir mirip-mirip, kadang kamu bakal dibikin bingung memilih untuk menikmati konten video dari channel siapa, kan?

Misalnya saja untuk konten YouTube Gaming dulu channel seperti Tara Art masih berjaya dan banyak digemari. Namun dengan banyak kompetitor seperti saat ini, channel tersebut bakal makin susah bersaing nih.

2. Harus Jadi Selebgram Dulu!

Kamu bakal lama sukses jadi YouTuber jika sebelumnya kamu bukan artis maupun selebgram. Kenapa? Karena kamu harus membangun basis penggemar kamu dari awal.

Makanya sangat disarankan untuk berusaha menjadi selebgram sebelum menempuh bisnis untuk mendapatkan uang di YouTube guys.

3. Peraturan YouTube Makin Ketat

Yang paling menjadi pusat perhatian adalah peraturan YouTube yang makin ketat, setelah beberapa kasus membuat para pengiklan enggan menaruh iklan di platform ini.

Salah satu kasus terbesar adalah aksi Logan Paul yang mengunggah video nyeleneh yang menampilkan mayat korban bunuh diri di Jepang.

Aksi viralnya ini membuat YouTube mulai berbenah terhadap konten-konten yang dianggap melanggar dan menghapusnya.

Nah begitulah sekilas cara mendapatkan uang dari YouTube, baik dari AdSense maupun cara alternatif lainnya yang bisa kamu coba.

Biarpun begitu buat kamu yang masih bersikukuh untuk menjadi YouTuber, nggak ada salahnya untuk mencoba dan melakukannya. Just do it guys!

Share