Inilah 8 Kelebihan Operasi Sistem Android 5.0 Lollypop


android lollipop 5Kelebihan OS Android Lollypop – Barugadget.com – Desas-desus tentang hadirnya android L sebenarnya kini sudah terjawab. Setelah google memperkenalkan Android L pada ajang Google i/O bulan juni lalu, beredar isu tentang nama android L. Nama-nama seperti Lemon Meringue Pie, Lion dan terakhir Licorice pernah diisukan akan menjadi nama android L sebenarnya. Licorice menjadi isu yang paling hangat beberapa waktu terakhir setelah Giovanni Calabrese seorang desainer patung android yang ada di gedung googleplex melalui akun google plusnya menghembuskan kabar bahwa nama Android L merujuk pada nama Licorice. Namun teka-teki tersebut kini sudah terjawab setelah Google secara resmi mengumumkan kode L pada OS terbaru Android ini adalah Lollipop. Android Lollipop diklaim merupakan perubahan terbesar dari sejarah sistem operasi android. Penerus android kitkat ini mengusung banyak perubahan dengan menghadirkan fitur-fitur terbaru.

Lantas apa saja Fitur yang dihadirkan Google pada sistem operasi terbarunya ini ? Simak di ulsanya di bawah ini.

-Guest Mode

Dalam fitur ini google sepertinya  lebih memahami privasi penggunanya dengan menghadirkan fitur Guest Mode di Android 5.0 Lollipop. Fitur ini sebelumnya juga dipopulerkan LG lewat varian LG G2, di mana orang lain selain pemilik hanya bisa mengakses halaman khusus yang cuma bisa menampilkan aplikasi-aplikasi tertentu sesuai dengan pilihan pemiliknya.

-Battery Saver

Untuk mengatasi masalah boros batrei pada smartphone OS android ,Hal ini rupanya dimengerti Google dengan menghadirkan fitur Battery Saver yang diklaim mampu menambah daya tahan baterai mencapai 90 menit, dengan cara menonaktifkan koneksi internet, mematikan modus getar, dan ‘menidurkan’ aplikasi yang aktif.

-Smart Lock

Bersama fitur ini Google tampaknya benar-benar ingin memastikan bahwa pengguna smartphone berbasis OS Android 5.0 Lollipop memiliki keamanan tinggi. Tak heran, berbagai modul keamanan dihadirkan, mulai dari menggambar pola hingga Face Unlock alias mendeteksi wajah untuk mengakses perangkat.

-USB Support

OS Android terbilang sebagai platform yang ramah untuk bertukar atau transfer data. Hanya dengan kabel USB saja, pengguna bisa mengambil atau menyimpan file dari atau ke perangkat komputer berbasis Windows.

-Application Management

Pada perangkat berbasis iOS, semua aplikasi yang sudah diinstal bisa dibuka dan dihapus. Namun, Android memiliki kemampuan lebih dengan bisa menghapus aplikasi tersebut secara total jika dalam penggunaan dianggap sering crash. Bahkan, jika update terbaru sebuah aplikasi dianggap bermasalah, pengguna bisa melakukan downgrade ke versi lama dengan mudah.

-NFC

Meskipun terbilang belum menjadi fitur yang penting, NFC (Near Field Communication) sudah lebih dulu diadopsi Android, begitupun pula Windows Phone dan BlackBerry

-Apps Installation

Di Operasi sistem Android ini, pengguna bisa menginstal aplikasi apapun dari sumber mana pun termasuk website, sekalipun itu berbahaya. Sedangkan iOS hanya menginginkan aplikasi bisa diunduh melalui App Store. Jika ingin mengunduh dari sumber lain, pengguna iDevice harus lebih dulu melakukan jailbreak. Merepotkan.

-Advanced Photography

Pada operasi sitem Android 5.0 Lollipop, Google memungkinkan pengguna menangkap gambar dengan format raw seperti YUK dan Bayer RAW, mengatur sensor, lensa, dan flash untuk tiap frame. Bahkan, OS ini juga mampu menangkap dan memutar video berkualitas 4K.

Share