Internet Smartphone Anda Lemot ? Ternyata Inilah Penyebabnya


www.barugadget.com | Mungkin nama Internet sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat dan Internet merupakan sebuah media informasi dan komunikasi yang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pengguna ponsel pintar dari seluruh penjuru dunia. Indonesia termasuk Negara yang turut andil dalam masalah Internet, namun sayangnya kecepatan internet di Indonesia memang terbilang buruk. Itu artinya, jika kita sebagai orang yang suka facebook-an serasa lemot itu wajar – wajar saja karena tidak semua area atau wilayah bisa secepat kilat. Namun terkadang harapan itu tak terwujud. Memang cukup mengesalkan jika koneksi internet lemot, namun hal ini terjadi juga bukan tanpa ada sebab.

Internet Lemot

Sebagai pengguna, kamu pun harus mengetahuinya. Nah, dibawah ini ada beberapa Penyebab Internet Lemot di Smartphone atau gadget lain yang kamu gunakan. Langsung simak aja yuk ulasan berikut ini.

1. Salah Setting Jaringan

Kesalahan Setting pada jaringan membuat koneksi serasa lemot atau bahkan tidak bisa mengakses internet sama sekali. Kesalahan dalam mengatur proxy, vpn, username, password dan sebagainya akan mengakibatkan lambatnya koneksi internet pada smartphone Android anda. Jika anda tidak pernah meng-otak – atik bagian ini, maka kemungkinan bukan bagian tersebut yang membuat koneksi internet Android lemot.

2. Terserang Malware Jahat atau Virus

Malware atau Virus jahat bisa menjadi penyebab utama Android serasa berat dan lemot, terutama pada koneksi internet-nya. Kemungkinan besar, jika anda menginstall aplikasi dari pihak ketiga yang tidak terpercaya. File instalasi atau file Apk bisa menjadi malware jahat jika kita tidak berhati – hati, maka dari itu alangkah lebih baiknya selalu mengunduh dan menginstall aplikasi langsung dari Google Play Store secara langsung.

3. Kemampuan Smartphone Yang Semakin Lama Semakin Menurun

Setiap perangkat tentu memiliki kelemahan dalam hal performa, terutama smartphone Android. Tidak semua perangkat bisa bertahan selama bertahun – tahun. Agar performa Smartphone Android tetap optimal dan bekerja dengan baik tentunya kita harus merawat Smartphone dengan baik dan benar pula.

4. Jaringan Internet Yang Tidak Stabil

Jaringan internet yang tidak stabil biasanya terjadi pada area perdesaan atau hutan. Lebihnya lagi jika itu terjadi pada saat setelah terjadi hujan pasti Sinyal akan naik turun tidak jelas. Area yang memang jauh dari BTS memang tidak sebaik area yang dekat dengan BTS, maka dari itu anda harus bisa memaklumi masalah tersebut.

Terlebih lagi, Indonesia banyak Gunung dan Hutan yang bisa menjadi penghalang adanya sinyal Operator. Jika memang terjadi demikian alangkah baiknya anda harus bisa memutuskan untuk memilih jaringan pada mode 3G Only atau GPRS Only. Jika pada 3G Only, pastikan area anda penuh dengan sinyal operator, sedangkan jika anda memilih GPRS Only (pilih jika sinyal operator naik turun) maka pastinya koneksi tidak secepat 3G Only.

5. Gangguan Pada Perangkat Lain

Ternyata perangkat elektronik lainnya pun juga jadi Penyebab Internet Lemot di Smartphone. Misalnya televisi, telepon, atau microwave yang bisa berpengaruh terhadap kecepatan internet. Usahakan letakkan router pada posisi yang tepat dan hindari perangkat elektronik yang sekiranya menghambat kecepatan internet kamu.

6. Padatnya Jaringan

Pastinya banyak yang tahu jika internet digunakan banyak perangkat akan menjadi lemot. Terlebih jika digunakan untuk aktivitas streaming.

7. Jaringan 4G Lambat

Hingga kini masih sering menjumpai performa jaringan 4G yang tak sebagus seharusnya. Hal itu bisa disebabkan berbagai faktor mulai dari gangguan pusat hingga daerah yang belum terjangkau 4G.

Share