Jengkel Download di IDM Sering Macet ??? Ini Trik Ampuh Untuk Mengatasinya


www.barugadget.com | Pasti sangat menyebalkan bila kita lagi kenceng-kencengnya download tapi harus terputus karena mati lampu, koneksi internet error, komputer mendadak restart IDM macet ataupun karena hal lainnya yang memaksa kita harus mengulangi download file yang sama dari awal. Padahal bisa saja file yang didownload sudah hampir selesai, Nah untuk mengatasi masalah tersebut kita masih bisa mengakali agar supaya download bisa kita lanjutkan meskipun link downloadnya sudah expired/ hangus tanpa harus kehilangan file yang sudah terdownload alias nggak harus download ulang dari awal.

IDM Macet

IDM Macet

Kami mempunyai solusinya guys untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di IDM seperti itu, untuk selengkapnya bisa kalian simak ulasan selengkapnya mengenai cara atasi download yang macet di IDM berikut ini:

  1. Buka IDM kamu dan klik Downloads>Options. Di dalamnya klik tab Save to.
    1
  2. Di sana ada kolom yang berisi alamat dari Temporary Directory. Bukalah folder temporary tersebut menggunakan Windows Explorer.
  3. Carilah folder dari file download-an kamu yang bermasalah. Biasanya di dalam folder tersebut kurang lebih akan ada 2 hingga 15 part (tergantung ukuran filenya). Apabila file part tersebut terlampau banyak, coba kamu buka IDM dan resume kembali download-an tersebut. Nanti akan ada part yang bersatu sehingga jumlah part di folder Temporary menjadi berkurang.
    2
  4. Setelah itu, gunakan aplikasi HJ-Split dan pecah satu part menjadi masing-masing 500 KB. (Apabila satu part tersebut berukuran 20 MB, maka kamu perlu untuk memecahnya menjadi 40 bagian sehingga masing-masing pecahan berukuran 500 KB). Jangan lupa delete file originalnya.
    3
  5. Kini sudah ada 40 bagian yang memiliki akhiran .001, .002, dan seterusnya hingga .040. Kamu tinggal mendelete pecahan yang ke .40 sehingga total pecahan menjadi 39 buah. Gabungkan kembali ke 39 pecahan tersebut menggunakan HJ-Split sehingga menjadi satu file kembali.
    4
  6. Lakukan proses ini ke part-part yang lainnya. Apabila sudah, kamu tinggal me-resume downloadnya melalui IDM deh.
Share