• Home »
  • General »
  • Kesel Dengan Berita Hoax Yang Beredar ? Ini Cara Mudah Untuk Membongkarnya

Kesel Dengan Berita Hoax Yang Beredar ? Ini Cara Mudah Untuk Membongkarnya


www.barugadget.com | Google tentunya sudah menjadi mesin pencarian yang hampir setiap hari kamu gunakan. Apapun yang ingin kamu temukan di dunia maya, biasanya selalu dimulai dengan memasukkan kata kunci di Google.

Yang menarik, Google memiliki fitur yang disebut ‘Reverse Image Search’. Sesuai namanya, fitur ini memudahkan kamu untuk mencari gambar-gambar yang kamu inginkan menggunakan gambar tertentu yang sudah kamu miliki.

Cara Membongkar Berita Hoax Hanya Dengan Googling

Membuktikan sebuah berita hoax atau bukan dengan googling, lebih efektif dan mudah dilakukan dengan komputer/PC. Cara ini 100% ampun untuk membongkar berbagai berita palsu yang seringkali memprovokasi perpecahan masyarakat Indonesia.

  1. Langkah pertama, apabila kamu menemukan sebuah berita yang judulnya cukup memancing ‘keributan’, baca beritanya sampai habis dan gunakanan analisis dan intuisi kamu untuk mempertanyakan kebenaran berita tersebut. Contohnya seperti berita di bawah ini:
  2. Langkah kedua, save atau simpan gambar yang dijadikan acuan berita tersebut. Mengapa harus menyimpan gambar bukan judul? Karena dari gambar itulah kita bisa melihat kebenaran berita yang kamu curigai sebagai hoax.
  3.  Langkah ketiga, buka tab incognito baru. Mengapa Incognito? Ada beberapa alasan khusus mengapa mode Incognito lebih aman.
  4.  Langkah keempat, buka image.google.com
  5.  Langkah kelima, klik tombol kamera yang ada di seblah kanan search bar. Atau, nama menunya adalah Search by image.
  6.  Langkah keenam, Upload foto dari berita yang kamu curigai sebagai hoax, yang telah disimpan sebelumnya.
  7.  Langkah ketujuh, kamu akan menemukan beberapa artikel/sumber asli dari foto yang kamu cari.
  8.  Selesai! Dalam contoh ini, ternyata berbeda sekali antara judul berita di Indonesia dengan berita aslinya.
Share