MicroSD Kamu Tidak Terbaca di Ponsel ??? Ini Tips Mudahnya Untuk Memperbaiki


www.barugadget.com | Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, Micro SD adalah kartu memori yang dikembangkan oleh SD Card Association. Micro SD merupakan memori yang digunakan pada perangkat portable. Micro SD pada saat ini sudah digunakan oleh banyak orang, bahkan microSD di keluarkan oleh berbagai perusahaan. Sehingga tidak jarang banyak sekali macam-macam Micro SD yang kita temui saat akan membelinya. Micro SD tersedia banyak kapasitas penyimpanan yaitu MicroSD ukuran 1GB (Giga Byte), ukuran 2 GB, ukuran 4 GB, ukuran 8 GB, ukuran, 16 GB, ukuran 32 GB bahkan ada yang mempunyai ukuran lebih besar yaitu 2TB (Tera Byte). Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir saat akan membeli kartu Micro SD karena banyak sekali ukuran atau kapasitas yang ditawarkan.

Memperbaiki MicroSD

Memperbaiki MicroSD

Memperbaiki Micro SD itu terkadang membuat kita bingung. Kerusakan pada MicroSD itu macam-macam, tapi disini mazinu memberikan cara memperbaiki micro sd yang tidak terbaca. Apabila anda mengalami kesulitan dalam mengatasi micro sd yang rusak tidak terbaca, maka anda bisa menemukan solusi tentang bagaimana cara memperbaiki micro sd yang tiak terbaca.

Yang lebih sering terjadi adalah kerusakan data yang ada di dalamnya. Data yang dimaksud di sini bukan hanya data berupa file foto, video, atau file musik, tetapi juga sistem format penyimpanannya. Kalau kerusakannya seperti ini, masih ada harapan untuk menyelamatkan sebagian atau semua file di dalamnya, meski tidak bisa 100%.

Jangan khawatir kawan karena saya akan berikan tips dan trick bagaimana cara memperbaiki MicroSD dengan mudah yang bisa kalian lakukan sendiri nantinya, simak pembahasannya di sini:

1. Format dari Android

Cara memperbaiki MicroSD dengan mudah selanjutnya adalah menghapus semua data yang ada di memori tersebut melalui Android, caranya adalah:

Masuk ke menu Setting terlebih dahulu, kemudian pilih opsi Storage, Setelah itu kita akan menemukan pilihan Erase SD Card. Tap pilihan tersebut kemudian semua data yang ada di microSD akan hilang sehingga memori kita kembali seperti baru lagi.

2. Format dari PC

Jika MicroSD anda terbaca di Komputer namun tidak terbaca di Android maka cara memperbaiki MicroSD dengan mudah yang satu ini dapat membantu anda, akan tetapi jika tidak terbaca di keduanya wassalam.

  • Pertama kita buat folder baru di Hardisk untuk memback-up seluruh isi MicroSD kita yang tidak terbaca di Android tadi
  • Selanjutnya kita ctrl+a untuk memilih semua file yang ada di MicroSD, kemudian ctrl-C untuk copy file. Silahkan menuju ke folder untuk backup data pada hardisk komputer kita yang sudah dibuat sebelumnya, setelah itu paste semua file yang tadi.
  • Jika proses copy data sudah selesai maka silahkan menuju ke MicroSD, kemudian klik kanan pada nama memori internal kalian dan pilih menu format, selanjutnya klik quick format.
  • Setelah format selesai kita kembalikan data-data yang sudah kita pindah tadi ke MicroSD kembali.
  • Lepas memori eksternal kalian lalu pasang di perangkat Smartphone Anda dan check masih gagal terbaca atau tidak.

3. Cek error MicroSD

Nah pada cara memperbaiki MicroSD dengan mudah yang satu ini kita akan membutuhkan Komputer untuk melakukannya.

  • Yang pertama adalah hubungkan android ke laptop atau pc menggunakan kabel data
  • Setelah itu pastikan perangkat kita terhubung dalam Mass Storage Mode (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP)
  • Selanjutnya buka menu explorer, cari drive memori kita tadi dan klik kanan. Setelah itu pilih properties.
  • Jika halaman properties sudah muncul kita pilih tools kemudian error checking. Kita tunggu saja sampai prosesnya selesai.

4. Bersihkan kartu memori

Cara yang pertama ini cukup mudah yakni hanya bersihkan memori card saja, ingat jangan dibersihkan dengan air ya. Di sini kita hanya perlu menggunakan penghapus karet saja.

Matikan smartphone dan keluarkan MicroSD dari perangkat, setelah itu gosok bagian yang berwarna kuning dengan penghapus karet yang bersih(jangan sampai ada noda pada penghapus tersebut).

5. Scan MicroSD

Bisa jadi tidak terbacanya memori tersebut adanya sebuah virus yang mana menghadang perangkat untuk membaca MicroSD tersebut, nah dengan ini kita bisa scan memori kita menggunakan antivirus di komputer kita.

  • Yang pertama sambungkan memori tersebut menggunakan kabel data atau bisa juga menggunakan card reader,
  • Jika sudah muncul nama microSD kita, selanjutnya klik kanan dan pilih opsi Scan.
  • Kita tunggu saja prosesnya sampai selesai
  • Jika masih tidak terbaca, berarti bukan sebuah virus yang menyebabkan gagal terbacanya MicroSD kalian.
Share