• Home »
  • Tips n Trik »
  • Ragu Dengan Membeli HP Android Bekas ? Ini Tips Jitu Untuk Memilih Dengan Berkualitas Tinggi

Ragu Dengan Membeli HP Android Bekas ? Ini Tips Jitu Untuk Memilih Dengan Berkualitas Tinggi


www.barugadget.com | Kemajuan teknologi pada bidang seluler khususnya gadget pintar smartphone memang sangat pesat dan sangat mengejutkan. Hanya dalam waktu 1 dekade saja, kerajaan ponsel pintar semakin menggila, siapa yang tidak punya ponsel pintar? Kemudahan akses informasi dan sosialisasi membuat smartphone sangat diminati. Ketika ingin membeli smartphone android baru maupun bekas (second), kita pasti dibingungkan dengan pilihan berbagai macam tipe, merk, spesifikasi dan jenis hp yang canggih mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal. Namun, pribahasa “Ada Uang Ada Kualitas” disini pasti berlaku.

Tips Membeli Android Second

Sebelum memutuskan untuk membeli HP bekas, kamu harus memilih dengan jeli dan teliti. Lalu apa saja yang perlu dilakukan sebelum membeli HP bekas? Cobalah kamu menerapkan beberapa tips beli HP Android bekas berikut ini.

1. Cek Kondisi Fisik Pada HP Android

Kondisi fisik memang sangat berpengaruh terhadap kenormalan fungsi dari handphone. Cara pengecekannya cukup mudah, kamu tinggal melihat dengan teliti pada bagian casing, layar dan beberapa bagian lainnya. Jangan membeli HP Android yang fisiknya saja sudah tidak bagus.

2. Mengecek Segel HP

Segel adalah hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa handphone yang kamu beli belum pernah dibongkar. Caranya sangat mudah, kamu tinggal membuka bagian casing HP lalu bukalah baterainya. Lihatlah apakah masih ada stiker garansi yang menempel pada sekrup. Jika stiker garansi tidak ada, lebih baik kamu mengurungkan niat buat membeli HP tersebut.

Stiker garansi ini memang ukurannya sangat kecil, tapi jangan salah, manfaatnya cukup besar lho. Kalau kamu membeli handphone bekas tanpa ada stiker garansi, bisa aja onderdil ataupun mesinnya udah diganti-ganti. Nah, kalau hal ini terjadi bisa saja umur handphone kamu tidak akan bertahan lama.

3. Mengecek Kelengkapan HP Android

Kelengkapan HP akan semakin membuat harganya naik. Sebaliknya, semakin tidak lengkap maka harga hadphone juga akan semakin rendah. Lakukanlah pengecekan pada hp yang akan dibeli, mulai dari kardus, kabel data, headset (jika ada), buku-buku petunjuk hingga charger. Jangan lupa untuk mengecek keaslian perlengkapan handphone bekasmu.

4. Membandingkan Harga HP Di Pasaran

Sebelum kamu membeli HP, lakukanlah survei harga di pasaran agar kamu tidak tertipu dengan harga yang tinggi. Biasanya ada beberapa merk hp yang mengalami penurunan harga drastis dari harga barunya. Jadi, jangan malas untuk mencari harga-harga HP di pasaran. Caranya juga sangat mudah, kini kamu bisa memanfaatkan kekuatan dan kecanggihan internet untuk mencari harga HP terkini.

5. Cek Spesifikasi Pada HP Android yang Akan Dibeli

Setiap HP memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Sebaiknya kamu mengecek spesifikasi pada hp yang akan dibeli. Lakukanlah pengecekan pada RAM, CPU, kamera hingga LCD. Lakukanlah pengecekan secara teliti, bila perlu ajaklah temanmu yang mahir dalam dunia teknologi handphone Android.

6. Mengecek Nomor IMEI

Nomor IMEI bisa menjadi salah satu indikasi yang tepat untuk membuktikan bahwa handphone yang akan dibeli statusnya orisinil atau asli. Caranya sangat mudah, kamu tinggal mengetik #06# pada HP lalu tekan tombol panggil .

Kalau nomornya sudah keluar, cocokkanlah nomor tersebut dengan kardus handphone. Kalau nomornya cocok, berarti handphone tersebut asli. Sebaliknya, jika berbeda sebaiknya kamu urungkan saja niat untuk membelinya.

7. Periksalah Kondisi Layar

Mengecek kondisi layar dan touchscreen adalah salah satu tips beli HP Android bekas yang sangat penting. Kamu jangan sampai lupa mengecek kondisi LCD handphone karena bisa sangat fatal. Lakukanlah cek pada seluruh tombol di layar. Jika respon lambat, bisa jadi ada suatu masalah yang terjadi pada handphonemu.

8. Periksalah Kondisi Baterai

Baterai memang salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai kamu membeli handphone yang baterainya sudah menggembung. Dikhawatirkan hp yang kamu beli boros baterai dan mengharuskanmu untuk menggantinya.

9. Tes Fungsi HP

Lakukanlah beberapa tes fungsi untuk menjalankan handphone yang akan kamu beli. Tes fungsi handphone ini bisa menjadi salah satu tips beli hp android bekas yang cukup efisien. Beberapa tes fungsi yang perlu dijalankan yaitu tes kamera, tes suara, rekaman video, hingga tes mengirim pesan.

Share