Smartphone Termurah Apple Diluncurkan, iPhone XR


www.barugadget.com | Setelah ramai menjadi rumor di ranah maya, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR akhirnya resmi diperkenalkan pada hari ini, Kamis (13/9/2018) dinihari waktu Indonesia atau Rabu (12/9/2018) pagi waktu California, Amerika Serikat dalam sebuah gelaran bertajuk “Gather Round”. iPhone XS dan XS Max lebih dulu diperkenalkan, lalu iPhone XR.

iPhone XR merupakan smartphone Apple terbaru dengan bandrol harga yang paling murah. Ponsel ini bisa dikatakan versi downgrade dari iPhone XS, tetapi masih didukung fitur kunci seperti Face Unlock, kamera yang mumpuni, dan prosesor terkini dari Apple A12 Bionic. iPhone XR tampil dengan desain bergaya iPhone X dan menggunakan frame berbahan aluminium yang kokoh.

Ponsel pintar iPhone XR dibekali dengan layar berukuran 6,1 inci dengan resolusi 828 x 1792 piksel Retina Display yang menggunakan panel Liquid Retina IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan layar mencapai 458 piksel per inci. Layar iPhone XR ini mampu menghadirkan cakupan gamut warna yang lebih lebar, serta dilindungi Ion-strengthened glass dan oleophobic coating. iPhone XR juga dibekali dengan fitur keamanan berbasis pengenalan wajah yang disebut dengan Face ID. Fitur konektivitas yang dibawa iPhone XR terbilang cukup lengkap, misalkan saja seperti Bluetooth, WiFi, GPS, jaringan 3G HSPA, GPS/GLONASS, hingga jaringan 4G LTE cat 4 yang mampu memberikan akses interner super cepat.

Phablet iPhone XR berjalan menggunakan sistem operasi OS iOS v12 yang telah dipadukan dengan dapur pacu yang mempuni seperti dukungan prosesor Apple A12 hexa-core ini terdiri dari dual-core berperforma tinggi dengan nama sandi Monsoon dan quad-core untuk efisiensi daya dengan nama sandi Mistral ditandemkan dengan grafis dari Apple custom GPU (4-core), dan didukung memori RAM sebesar 3GB.

Sisi kamera, Apple iPhone XR dipersenjatai dengan kamera belakang berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor BSI 1/2.55 inci 1.4um piksel yang dilengkapi dengan teknologi phase detection autofokus yang dikombinasikan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8, OIS, serta dibekali TrueTone quad LED flash. Ponsel ini didukung kamera depan 7 megapiksel dengan lensa 32mm aperture f/2.2, fixed focus untuk foto selfie dan FaceTime.

iPhone XR ini tersedia dalam tiga varian kapasitas penyimpanan, yakni 64GB, 128GB, dan 256GB tanpa kehadiran slot microSD. iPhone XR ini dibekali dengan speaker stereo untuk memanjakan telinga pengguna. Smartphone ini dibekali dengan baterai yang didukung fasilitas fast charging dan Qi wireless charging.

Spesifikasi Utama iPhone XR

– Display : 6,1 inci IPS, FHD 828 x 1792p 458ppi
– CPU : Hexa-core terdiri dari dual-core dan quad-cor
– GPU : 4-core
– RAM : 3GB
– Storage : 64, 128, 256GB,
– Kamera utama : 12 MP, Sensor BSI, phase detection autofocus, quad LED flash, OIS
– Kamera depan : 7 MP, lensa 32mm aperture f/2.2, fixed focus
– Konektifitas  : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.2, jack audio 3,5 mm, USB OTG, microUSB 2.0
– Sensor : Fingerprint, Accelerometer , Proximity , Ambientlight, Compass
– OS : iOS v12
– Baterai : ?
– SIM: Single SIM, Micro SIM
– Jaringan : EDGE, 3G HSPA, 4G LTE

Share